Faham fundamentalisme Ahmad Hassan dalam Tafsir al-Furqan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Leony, Iqlima Btari (2019) Faham fundamentalisme Ahmad Hassan dalam Tafsir al-Furqan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Iqlima Btari Leony_E93215069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini. Pertama, metode yang digunakan Ahmad Hassan untuk melakukan penafsiran atas Tafsir al-Furqan. Kedua, unsur-unsur faham fundamentalisme Ahmad Hassan yang terkandung dalam Tafsir al-Furqan tersebut. Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui metode yang digunakan Ahmad Hassan dalam menafsirkan ayat-ayat Alquran. Kedua, untuk menemukan bentuk-bentuk faham fundamentalisme Ahmad Hassan yang terkandung di dalam karyanya, mengingat bahwa seorang mufassir tidak dapat dilepaskan dari latar belakang pemikirannya yang dipengaruhi oleh kondisi sosial baik dari keluarga, pendidikan, maupun pergaulan. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif, data-data yang diperlukan bersumber dari library research. Pisau analisis yang digunakan untuk menganalisa data-data tersebut adalah menggunakan analisis deksriptif dengan pendekatan analisis isi, yaitu dengan cara menyeleksi dan menyortir data-data dari sumber primer dan sekunder. Dari proses tersebut data-data kemudian dikelompokkan berdasarkan tema dan subtema pembahasan dengan teknik penulisan deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, metode yang digunakan Ahmad Hassan dalam karya tafsirnya adalah dengan menggunakan metode ijmali dengan bentuk penafsiran secara bi al-ma’tsur. Kondisi sosial baik dari faktor keluarga, pendidikan, maupun pergaulan sangat mempengaruhi latar belakang pemikiran seseorang hingga membentuk cara berpikirnya. Dari faktor-faktor tersebut membuat Ahmad Hassan memiliki cara pandang seorang fundamentalis. Pemikiran fundamentalisme nya tercermin pada penyeruan kembali kepada Alquran dan hadis, penolakan terhadap taqlid, khurafat, bidah, tawassul dan penggunaan wasilah dalam doa, serta terhadap prosesi talkin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Leony, Iqlima Btariiqlimabtari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir al-Furqan; Ahmad Hassan; Fundamentalisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Leony Iqlima Btari
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:53
Last Modified: 23 Apr 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31592

Actions (login required)

View Item View Item