Teosaintisme dalam Tafsir Juz ʻAmma karya Muhammad Abduh: telaah QS. An-Nâzi’ât Ayat 1-5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyulloh, Muhammad Munawwir (2019) Teosaintisme dalam Tafsir Juz ʻAmma karya Muhammad Abduh: telaah QS. An-Nâzi’ât Ayat 1-5. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
M. Munawwir Shofiyulloh_E93215118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini. Pertama, mengenai konsep Teosaintisme dalam pemikiran Muhammad Abduh. Kedua, Telaah QS. An-Nâzi’ât Ayat 1-5 dalam Tafsir Juz ‘Amma ditinjau dari konsep Teosaintisme Muhammad Abduh. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mendiskripsikan apa yang dimaksud Teosaintisme., (2) Untuk menganalisa konsep Teosaintisme dalam Tafsir Juz ʻAmma QS. An-Nâzi’ât ayat 1-5 dalam pemikiran Muhammad Abduh. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan analisis deskriptif. Yaitu sebuah tehnik penelitian untuk memberikan data secara komprehensif. Metode ini berfungsi memberikan penjelasan serta memaparkan secara mendalam mengenai data yang akan dikaji. Hasil penelitian ini adalah : (1) Teosaintisme adalah istiliah yang dikenalkan Ahmad Barizi sebagai seorang pengamat jalan pikiran Muhammad Abduh terhadap penafsiran dalam Tafsir Al-Manâr dan Tafsir Juz ‘Amma. Definisi teosaintisme sendiri memiliki arti melihat suatu ajaran agama dengan kacamata saintifik. Lebih dalam lagi. Maka, Teosaitisme menjadi jembatan penghubung antara doktrin agama dengan batas pemahaman manusia. (2) Muhammad Abduh dalam QS. An-Nâzi’ât Ayat 1-5 lebih menonjolkan pada makna bintang. Bintang yang disebutkan Muhamad Abduh sebenarnya tidak jauh beda dari makna malaikat mufassir lainnya, sebab Abduh dalam menggambarkan tugas malaikat berarti menjaga seluruh alam semesta tidak luput dari bintang dan pergerakannya. Bintang adalah sesuatu yang jarang ditanggapi dan cenderung diabaikan. Maksud dari penggunaan bintang sebagai qasam sendiri, berarti bintang memiliki peran penting bagi kehidupan di dunia, tanpa bintang hari dimana telah dijelaskan QS. An-Nâzi’ât akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyulloh, Muhammad Munawwirunashofii@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Tafsir Juz Amma; Muhammad Abduh; Teosaintisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Shofiyulloh M Munawwir
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:57
Last Modified: 24 Apr 2019 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31596

Actions (login required)

View Item View Item