Efektivitas penerapan Metode Qiraati terhadap Keterampilan Membaca Huruf Al Qur'an di Play Group Plus Al Afkar Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Siti Farida (2019) Efektivitas penerapan Metode Qiraati terhadap Keterampilan Membaca Huruf Al Qur'an di Play Group Plus Al Afkar Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Farida Hanum_D08214007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui penerapan metode Qiraati yang diterapkan disekolah tersebut. Selain itu peneliti ingin mengetahui keterampilan membaca huruf Al-Qur’an pada anak serta efektivitas metode Qiraati terhadap keterampilan membaca huruf Al-Qur’an di Play Group Plus Al-Afkar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex post facto dimana Play Group Plus Al-Afkar sudah menerapan metode Qiraati sejak berdirinya sekolah tersebut. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji regresi. Hasil dari penelitian ini yang pertama bahwa penerapan pembelajaran metode Qiraati di PG-TK Plus Al-Afkar cukup baik, karena berdasarkan analisis data yang menunjukkan 50%. Kedua, keterampilan membaca huruf Al-Qur’an siswa-siswi Play Group Plus Al-Afkar cukup baik, dalam membedakan huruf tertentu berada diantara 40 % - 55 %. Sedangkan pada keterampilan mengucapkan huruf tertentu tergolong kurang baik sebab berada dibawah 40 %. Dan pada kelancaran dalam melafalkan huruf tergolong cukup baik, berada antara 40% - 55%. Ketiga, efektivitas penerapan metode Qiraati terhadap keterampilan membaca huruf Al-Qur’an menunjukkan nilai probabilitas 0,000 yang artinya nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa metode Qiraati berpengaruh terhadap keterampilan membaca huruf Al-Qur’an. Hal ini ditunjukkan pula dari prosentase ketergantungan sebesar 80,9 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Siti Faridafaridahanumsiti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Metode Qiraati; Keterampilan Membaca Huruf Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Hanum Siti Farida
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:31
Last Modified: 22 Apr 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31603

Actions (login required)

View Item View Item