Etos Kerja Pedagang Peralatan Rumah Tangga dalam meningkatkan Strata Sosial di Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Dwi yofi Kusuma (2019) Etos Kerja Pedagang Peralatan Rumah Tangga dalam meningkatkan Strata Sosial di Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Yofi Kusuma Wardani_I93214057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua 1. Bagaimana Etos Kerja Para Pedagang Peralatan Rumah Tangga dalam menjalankan usahanya di Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang? 2. Bagaimana Strategi Yang digunakan Pedagang Peralatan Rumah Tangga dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Stratifikasi Sosialnya di Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Etos Kerja dan strategi pedagang peralatan rumah tangga dalam mempertahankan dan meningkatkan Strata sosial. Untuk menjawab pertanyaan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah Etika Protestan dan Spirit Kapitalisme Max Weber. Maka dari itu penelitian di Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang diperoleh beberapa kesimpulan bahwa: (1) Etos kerja adalah upaya serius dan sungguh-sungguh seseorang, dalam meningkatkan mutu dan kualitas dalam dunia kerja. Bentuk etos Kerja yang dilakukan para pedagang peralatan rumah tangga dalam menjalankan usahanya terdapat lima aspek yaitu jujur, terampil, berpengetahuan, pengalaman, motivasi. Dalam proses membesarkan usahanya para pedagang peralatan rumah tangga berusaha menyeimbangkan antara urusan dunia dengan urusan akhirat. (2) Selanjutnya, strategi adalah cara atau pendekatan yang berkaitan dengan pelaksanaan, gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. secara stratifikasi sosial pedagang peralatan rumah tangga diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu pedagang kelas bawah, kelas menengah, dan pedagang kelas atas. Di dalam meningkatkan dan mempertahankan stratifikasi sosialnya para pedagang meyakini bahwa sumber kesuksesan dan keberhasilan berasal dari nilai agama yang dijalankan secara Istiqomah dan sungguh-sungguh dalam bekerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Dwi yofi Kusumadwiyofi37@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Wirausaha
Keywords: Etos Kerja; Meningkatkan Strata Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Wardani Dwi Yofi Kusuma
Date Deposited: 23 Apr 2019 05:22
Last Modified: 23 Apr 2019 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31604

Actions (login required)

View Item View Item