Hubungan Self-Esteem dengan Loneliness pada Santri Baru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauhar, Muhammad Abdul Jalil (2019) Hubungan Self-Esteem dengan Loneliness pada Santri Baru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdul Jalil Jauhar_J71215126.pdf

Download (999kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Hubungan self-esteem dengan loneliness pada santri baru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik. Tujuan disusunnya Skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan self-esteem dengan loneliness pada santri baru. Dalam proses pelaksanaannya, skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berjenis korelatif. Subyek yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah santri baru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik, dan sampelnya ditentukan dengan cara random. Enam puluh responden ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian ini, atau 25% dari jumlah kelompok subyek. Tingkat self-esteem dan loneliness responden diukur dengan menggunakan skala self-esteem dan skala loneliness dalam bentuk kuesioner. Skala self-esteem yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil pengembangan dari RSES (1965). Sedangkan skala loneliness yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil pengembangan dari skala loneliness Russell, Peplau & Ferguson (1978). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif atau berlawanan yang signifikan antara self-esteem dan loneliness, artinya semakin tinggi self-esteem maka semakin rendah tingkat loneliness santri baru, begitu pula sebaliknya, semakin rendah self-esteem maka semakin tinggi tingkat loneliness santri baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauhar, Muhammad Abdul Jalilkawulajalil@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Remaja
Santri
Keywords: self-esteem; loneliness; santri
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Jauhar Muhammad Abdul Jalil
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:33
Last Modified: 23 Apr 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31680

Actions (login required)

View Item View Item