Toleransi antarumat beragama: kajian tematik Surah Al Kafirun dalam Tafsir Ribat al Quran Karya Abuya Misbah Sadat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Yulia Halimatus (2019) Toleransi antarumat beragama: kajian tematik Surah Al Kafirun dalam Tafsir Ribat al Quran Karya Abuya Misbah Sadat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yulia Halimatus Zahroh_E03215052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji surah Al-Kafirun dalam tafsir Tafsir Ribat al-Qur’an dengan judul Toleransi Antarumat Beragama Kajian Tematik Surah Al-Kafirun dalam Tafsir Ribat a l-Qur’an Karya Abuya Misbah Sadat. Fokus tujuan dan penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penafsiran Surah Al-Kafirun dalam Tafsir Ribat al-Qur’an? 2. Bagaimana kontekstualisasi penafsiran Misbah Sadat dan toleransi antar umat beragama di Indonesia? Untuk mencapai penelitian tersebut, penelitian ini bersifat library reseearh dengan menggunkan metode penyajian secara deskriptif analisis. Berdasarkan data yang digunakan dalam penelitian ini, maka sumber datanya mengambil Tafsir Ribat al-Qur’an sebagai sumber data primer dan sumber data sekundernya berasal dari kitab-kitab tafsir lain, seperti kitab Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Mafa>tih} al-Ghai>b , Tafsir Kementrian Agama dan Tafsir juz ‘Amma serta buku-buku, jurnal, dan sumber-sumber lain yang memiliki kesesuaian dengan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dari penafsiran Abuya Misbah Sadat terhadap surah Al-Kafirun adalah pertama, surat ini memberi pelajaran kepada umat Islam untuk memurnikan tauhid, sebagaimana dilakukan oleh para Nabi dan Rasul. Harus menolak ajakan yang bertentangan dengan akidah dan syariat Allah, apapun namanya, berupa sistem, aliran, maupun pemikiran yang menyesatkan. Kedua, umat Islam tidak boleh mencampuradukkan keyakinan. Dan harus konsekuen dengan kalimat syahadat yang telah diikrarkan yaitu ibadah dengan ikhlas, mengikuti aturan yang disampaikan oleh Rasulullah, dijelaskan para sahabat dan para ulama. Ketiga, memberikan wawasan terhadap nilai-nilai toleransi antar umat beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Yulia Halimatusyuliayuhaza@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Al Qur'an
Toleransi
Keywords: Tafsir Ribat al Qur’an; Al-Kafirun; Antarumat Beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zahroh Yulia Halimatus
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:01
Last Modified: 23 Apr 2019 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31681

Actions (login required)

View Item View Item