Analisis hukum Islam terhadap hasil keputusan Bahsul Masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura tentang akad jual beli di Kantin Kejujuran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Matien, Zaky Rafi'atul (2011) Analisis hukum Islam terhadap hasil keputusan Bahsul Masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura tentang akad jual beli di Kantin Kejujuran. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaky Rafi'atul Matien_C02206041.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31740

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, bagaimana hasil keputusan bahsul masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura tentang akad jual beli di kantin kejujuran? dan bagaimana analisis hukum Islam tehadap hasi keputusan bahsul masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura? Berkenaan dengan itu, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif verifikatif dengan pola berfikir induktif yang menitikberatkan pembahasan pada hasil keputusan bahsul masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura tentang kantin kejujuran. Dan analisis hukum Islam terhadap hasil keputusan bahsul masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura tentang kantin kejujuran. Hasil keputusan bahsul masail Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren Salafiyah Saidiyah Bangkalan Madura tentang akad jual beli di kantin kejujuran menyatakan bahwa akad yang terjadi di kantin kejujuran bukan tennasuk dalam jual beli ataupun jual beli mu'atah, tetapi masuk dalam konsep qardan damanan. Dalam kitab Syafi'iyah yang berjudul majmu' menyatakan bahwa transaksi seperti di kantin kejujuran bukan termasuk jual beli. Karena transaksi di kantin kejujuran adalah pembeli mengambil barang dengan harga yang telah disiapkan sebagaimana yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat. Dan transaksi seperti itu adalah batal dan tidak ada perbedaan pendapat di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Matien, Zaky Rafi'atul--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Keputusan Bahsul Masail; Forum Kajian Kitab Konvensional Pondok Pesantren; akad jual beli; Kantin Kejujuran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:28
Last Modified: 24 Apr 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item