Diskriminasi Gender dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge: analisis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Masning Royyanatun (2019) Diskriminasi Gender dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge: analisis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masning Royyanatun Nafi'ah_B76215092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Gender adalah hasil konstruksi dari masyarakat yang dapat berubah-ubah sesuai dengan budaya setempat dari satu jenis kelamin dengan jenis kelamin lainnya. Sedangkan diskriminasi gender merupakan pembedaan perlakuan terhadap suatu kaum berdasarkan gender. Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya fenomena tentang diskriminasi terhadap gender di dalam masyarakat, khususnya pada perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan paradigma kritis, karena paradigm kritis merupakan salah satu cara pandang mengenai realitas sosial yang diliputi rasa kritis terhadap realitas yang terjadi.. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana diskriminasi gender dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge perspektif Semiotia Roland Barthes ?. Tujuannya untuk mengetahui dan memahami diskriminasi gender dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge perspektif Semiotika Roland Barthes. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode analisis Roland Barthes, sehingga peneliti dapat menemukan makna simbol yang terdapat dalam film Dilwale Dulhani Le Jayenge. Setelah dilakukan proses analisis peneliti menemukan hasil sebagai berkut: (1) Tradisi perjodohan secara sepihak sebagai diskriminasi gender, (2) Pelecehan terhadap perempuan sebagai diskriminasi gender, (3) Bentuk pengorbanan diri perempuan. Karena keterbatasan waktu dan juga peneliti, maka diharapkan pada penelitian lain dapat mengembangkan fokus penelitian dengan kajian-kajian penelitian yang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Masning Royyanatunmasning.rona@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Keywords: Diskriminasi Gender; Semiotika; Film Dilwale Dulhania Le Jayenge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nafi'ah Masning Royyanatun
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:25
Last Modified: 25 Apr 2019 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31770

Actions (login required)

View Item View Item