Hijab wanita dalam pandangan Qasim Amin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafaah, Nur Lailatul (2010) Hijab wanita dalam pandangan Qasim Amin. AL-AHWAL: Jurnal Hukum Keluarga dan Kajian Keislaman, 1 (1). pp. 27-44. ISSN 2085-3637

[img] Text
Nur Lailatul Musyafa'ah_Hijab Wanita dalam Pandangan Qasim Amin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini berusahan memaparkan pemikiran Qasim Amin tentang hijab wanita di Mesir. Pada abad 19, di Mesir yang mayoritas penduduknya beragama Islam mengartikan hijab sebagai pakaian penutup seluruh tubuh wanita termasuk wajah dan telapak tangan dan mengartikan hijab sebagai bentuk pemingitan wanita di dalam rumah. Hal tersebut terlihat dari tradisi wanita muslimah Mesir yang memakai cadar dan sarung tangan dalam berinteraksi dengan lelaki non mahramnya. Tradisi tersebut dikritik Qasim Amin, bahwa terdapat kesalahan dalam menginterpretasi ayat-ayat hijab dalam al-Qur’an, sehingga menyebabkan diskriminasi wanita dan membatasi wanita Islam di Mesir untuk bisa maju. Maka ia menganjurkan untuk mereinterpretasi ayat hijab dalam al-Qur’an dan hadis tentang hijab. Dari hasil penelusurannya tentang hijab dalam al-Qur’an, hadis dan pemikiran ulama fikih, Qasim Amin menyimpulkan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukanlah aurat bagi wanita. Maka hendaknya mereka melepas cadar dan sarung tangannya sehingga lebih memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan masyarakat dan bisa bergerak lebih bebas untuk maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafaah, Nur Lailatulnurlailashafaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Wanita
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Dr. Musyafa'ah Nur Lailatul
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:49
Last Modified: 29 Apr 2019 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31791

Actions (login required)

View Item View Item