Identifikasi Nematoda Pada Rattus spp. di Pulau Simeulue Aceh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyaffa', Muhammad Falikhul (2019) Identifikasi Nematoda Pada Rattus spp. di Pulau Simeulue Aceh. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Muhammad Falikhul Musyaffa'_H01215006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rattus spp. merupakan salah satu penyebab penyakit yang sering dijumpai disekitar lingkungan manusia. Rattus spp. dapat menyababkan zoonosis pada manusia dan hewan. Salah satu zoonosisnya adalah infeksi nematoda. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman nematoda pada Rattus spp. di Pulau Simeulue Aceh. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2019 di Laboratorium Moluska dan Invertebrata Lain, Pusat Penelitian Biologi-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Cibinong, Bogor. Diperiksa ada tidaknya nematoda pada 14 ekor karkas Rattus spp. hasil koleksi LIPI yang diambil dari daerah Gunung Sibau, Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur dan Desa Langi, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pemeriksaan dilakukan menggunakan mikroskop binokuler dan mikroskop elektron dengan mengacu pada buku kunci identifikasi Systema Helminthum (Yamaguti, 1961) dan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil pemeriksaan didapatkan 362 ekor cacing nematoda dari empat macam spesies, yaitu 59 ekor Syphacia muris, 1 ekor Gongylonema neoplasticum, 2 ekor Cyclodontostmum purvisi, 300 ekor Nippostrongylus brasilensis. Dari hasil tersebut dihitung nilai prevalensi (%) dan indeks parasitnya. S. muris mempunyai nilai prevalensi 28,5% dan indeks parasit 1-23 ekor/inang. G. neoplasticum mempunyai nilai prevalensi 7,1% dan indeks parasit satu ekor/inang. C. Purvisi mempunyai nilai prevalensi 7,1% dan indeks parasit dua ekor/inang. N. brasiliensis mempunyai nilai prevalensi 85,7% dan indeks parasit 2-118 ekor/inang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyaffa', Muhammad Falikhulmfalikhul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Keywords: Nematoda; parasit; Rattus spp.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Musyaffa' Muhammad Falikhul
Date Deposited: 29 May 2019 02:41
Last Modified: 29 May 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31792

Actions (login required)

View Item View Item