Epistemologi Tafsir Kontekstual: analisis teori Hirarki Values terhadap ayat-ayat Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sama'un, Sama'un (2019) Epistemologi Tafsir Kontekstual: analisis teori Hirarki Values terhadap ayat-ayat Al Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sama'un_F12517345.pdf

Download (1MB)

Abstract

Epistemologi tafsir kontekstual merupakan disiplin ilmu yang menelaah secara kritis dan analitis tentang dasar-dasar teoritis pengetahuan tafsir kontekstual. Bagaimana tatacara, teknik, atau prosedur dalam proses tafsir kontekstual. Persoalannya adalah bagaimana seharusnya merumuskan tafsir kontekstual baik sebagai metode ataupun sebagai pendekatan untuk memahami ayat-ayat al-Quran secara kritis, dialektis, reformatif dan transformatif, sehingga teks ayat-ayat al-Quran yang statis bisa hidup seiring perkembangan zaman. Dan bagaimana mengukur validitas produk tafsir kontekstual baik dari sumbernya ataupun penggunaan teori yang secara metodologis dapat dibenarkan, dan bagaimana seharusnya mengkontekstualisasikan ayat-ayat al-Qur’an. Perubahan konteks budaya, politik, ekonomi, keilmuan, tempat dan zaman menuntut adanya perubahan penafsiran terhadap al-Qur’an sesuai konteks yang melingkupinya. Namun mengkontekstualisasikan al-Qur’an dengan konteks yang melingkupinya seringkali dianggap mereduksi makna teks ayat, sehingga validitasnya dipertanyakan. Oleh sebab itu, peneliti merumuskan problem akademik dalam penelitian ini dengan dua pertanyaan, yakni: 1) Bagaimana penerapan konsep hirarki values terhadap aya-ayat al-Qur’an? 2) Bagaimana mengukur validitas produk tafsir kontekstual? Tesis ini bersifat penelitian pustaka, metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis, langkah pertama penulis akan mendeskripsikan epistemology tafsir kontekstual, sejarah dan unsur-unsurnya, selanjutnya, penulis memfokuskan diri dengan menganalisis ayat-ayat al-Qur’an menggunakan Teori Hirarki Values, dengan teori tersebut dapat diketahui ayat-ayat yang bisa dikontekstualisasikan adalah ayat kategori Implementational Valeus (nilai-nilai implementasi), sedangkan untuk mengukur validitas tafsir kontekstual penulis menggunakan teori kebenaran filsafat ilmu, dengan mengacu pada teori tersebut validitas produk tafsir kontekstual dapat dipertanggungjawabkan secara akademik apabila produk tafsir kontekstual koheren dan pragmatis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sama'un, Sama'unsamzu617@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sama'un Sama'un
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:44
Last Modified: 25 Apr 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31793

Actions (login required)

View Item View Item