Analisis maslahah mursalah terhadap pemberian hak hadanah kepada ibu tiri dalam putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firyal, Wafda (2019) Analisis maslahah mursalah terhadap pemberian hak hadanah kepada ibu tiri dalam putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wafda Firyal_C91215158.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian pustaka (library research), dengan judul “Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Pemberian Hak Hadanah Kepada Ibu Tiri dalam Putusan Pengadilan Agama SidoarjoNomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda”. Penelitian ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan kedalam dua rumusan masalah, yaitu: apa pertimbangan hakim dalam menetapkan hak hadanah kepada ibu tiri pada putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda? dan bagaimana analisis maslahah mursalah terhadap pertimbangan hakim tentang pemberian hak hadanah kepada ibu tiri pada putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda?.Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis yang menggunakan pola pikir deduktif yaitu dengan cara menguraikan putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda tentang pemberian hak hadanah kepada ibu tiri yang kemudian dikaji dari perspektif maslahah mursalah.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa majelis hakim dalam menetapkan hak hadanah kepada ibu tiri pada putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda didasarkan pada pasal 41 huruf (a) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 jo. pasal 105 dan pasal 156 huruf (a) Kompilasi Hukum Islam serta dalil dalam kitab Bajuri juz II. Selain itu, adanya kerelaan dari Tergugat Rekonvensi yang merupakan ayah kandung dari anak tersebut untuk memberikan hak hadanah kepada Penggugat Rekonvensi merupakan point yang dimasukkan sebagai pertimbangan oleh majelis hakim. Dalam hukum Islam yang dikaji dari teori maslahah mursalah, pertimbangan hakim untuk menetapkan hak h}ad}a>nah kepada ibu tiri pada putusan pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 0763/Pdt.G/2018/PA.Sda telah sesuai dengan tujuan dari hadanah yaitu mengutamakan kepentingan dan kemaslahatan anak agar nantinya dapat tumbuh berkembang menjadi pribadi yang baik dibawah pengasuhan orang yang tepat, walaupun anak tersebut bukan merupakan anak kandung dari Penggugat Rekonvensi namun Penggugat Rekonvensi nyatanya lebih layak dan berkompeten untuk memiliki hak hadanah.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hakim selaku penegak hukum harus adil dalam memberikan putusan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam maslahah mursalah yaitu mengedepankan kepentingan anak dan bagi pasangan yang telah menikah diharapkan agar dapat mempertahankan rumah tangga mereka, jika bercerai adalah jalan yang dianggap terbaik, sebaiknya sebagai orangtua harus selalu bekerjasama dalam mengasuh dan mendidik anak guna meminimalisir dampak-dampak negatif dari perpisahan keduanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firyal, Wafdafiryal.uinsa@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Gugatan
Hukum Islam > Perkawinan
Keputusan Hakim
Hukum Islam > Status Anak
Keywords: Maslahah Mursalah; Hak Hadanah Kepada Ibu Tiri; hak hadanah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Firyal Wafda
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:19
Last Modified: 26 Apr 2019 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31821

Actions (login required)

View Item View Item