Proximity Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmilah, Alwarohsatul (2019) Proximity Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alwarohsatul Ilmilah_B76215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu mengenai proses proximity, hambatan selama proses berlangsung, dan cara mengatasi hambatan tersebut. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berguna untuk mendapatkan data yang sebenarnya dan mendalam mengenai proximity komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa program studi ilmu komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan teori self disclosure, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang proximity komunikasi tersebut.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses proximity komunikasi antara dosen dan mahasiswa umumnya dimulai di dalam kelas. Kemudian, apabila ada kepentingan ataupun komunikasi bisa terjalin secara lancar maka proses proximity bisa berlanjut di luar kelas. Hambatan yang ditemui dalam proses proximity umumnya dirasakan oleh mahasiswa. Ada perbedaan hambatan yang ditemukan pada pada mahasiswa yang memiliki kepribadian tertutup dan terbuka. Pada mahasiswa yang terbuka, hambatan yang dirasakan umumnya dikarenakan faktor dosen. Sementara pada siswa yang berkepribadian tertutup umumnya hambatan dikarena oleh dirinya sendiri seperti rasa gugup, malu, ataupun takut.Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah (1) Dosen hendaknya lebih bersikap terbuka dan peduli terhadap mahasiswa yang berkarakter tertutup, (2) Mahasiswa hendaknya bisa membedakan permasalahan pribadi dengan urusan kuliah, tidak membeda-bedakan dosen serta mengasah diri untuk lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan dosen, (3)Untuk peneliti selanjtnya, sebaiknya peneliti mengangkat latar belakang sesuai pada kondisi saat itu juga dan bukan berkaca pada pengalaman terdahulu sehingga penelitian tersebut diharapkan mampu memberikan jawaban secara terbarukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmilah, Alwarohsatulalwarotsatul12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Proximity komunikasi; dosen dan mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alwarohsatul Ilmilah
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:30
Last Modified: 26 Apr 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31830

Actions (login required)

View Item View Item