Analisis Hukum Islam terhadap Imbal Jasa Kafalah pada produk ARRUM Haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Laellyta Ismaya (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Imbal Jasa Kafalah pada produk ARRUM Haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laellyta Ismaya Sari_C02215032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Imbal Jasa Kafalah Pada Produk ARRUM Haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya” penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana mekanisme imbal jasa kafalah pada produk ARRUM haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya? dan Bagaimana Analisis hukum islam terhadap imbal jasa kafalah pada produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya? Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang sedang terjadi secara sitematis, faktual dan akurat mengenai fakta. Serta berhubungan dengan fenomena yang ingin diketahui yang mana dalam penelitian ini menganalisa dan memecahkan masalah yang berkenaan dengan imbal jasa kafalah pada produk ARRUM haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, mekanisme imbal jasa kafalah pada produk ARRUM haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya yang mana dibayar saat awal akad yang besarnya ditentukan sesuai dengan jangka waktu yang telah dipilih oleh nasabah dan disepakati bersama saat awal akad; kedua, mekanisme imbal jasa kafalah menurut fatwa DSN-MUI Nomor 92/DSN-MUI/IV/2014 kurang sesuai karena terdapat dua upah dalam produk pembiayaan ARRUM haji yakni mu’nah dan imbal jasa kafalah. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, maka kepada pihak Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya untuk mempertimbangkan kembali ujrah (upah) yang diperoleh, dan juga mengharapkan pihak Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya agar lebih pro aktif untuk menyampaikan adanya imbal jasa kafalah atau penjelasan lebih dalam mengenai imbal jasa kafalah kepada para nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Laellyta Ismayalaelitaismaya14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Gadai
Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Haji
Keywords: Imbal Jasa Kafalah; ARRUM Haji; Imbal Jasa; Pegadaian Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sari Laellyta Ismaya
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:59
Last Modified: 30 Apr 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item View Item