Pandangan hukum Islam terhadap jual beli Makalah Bekas di Rental-Rental Komputer sekitar kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Mamlu'atul (2010) Pandangan hukum Islam terhadap jual beli Makalah Bekas di Rental-Rental Komputer sekitar kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mamlu'atul Hikmah_C02206039.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31990

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan demi menjawab dua pertanyaan besar yakni: bagaimana proses terjadinya transaksi jual beli "makalah bekas" di rental komputer sekitar kampus IAIN Sunan Ampel tersebut? dan Bagaimana pula pandangan Hukum Islam terhadap jual beli "makalah bekas" di rental komputer sekitar kampus IAIN Sunan Ampel tersebut? Data penelitian diperoleh melalui wawancara yang berhubungan dengan jual beli ''makalah bekas" di rental-rental sekitar kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang menggunakan kegiatan lapangan sebagai obyek penelitian dengan cara terjun langsung ke tempat yang diinginkan untuk mendapatkan sumber data. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif analitis yakni dimana peneliti ingin berusaha menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada obyek tentu secara jelas dan sistematis, dalam hal ini adalah menggambarakan bagaimana proses terjadinya transaksi jual beli "makalah bekas" antara mahasiswa dengan pemilik rental komputer. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa informasi lisan maupun tulisan dari pelaku jual beli "makalah bekas". Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis, mengenai bagaimana Hukum Islam memandang jual beli "makalah bekas" di rental-rental sekitar kampus IAIN Sunan Ampel tersebut. Dari dua puluh rental di belakang kampus IAIN Sunan Ampel yang peneliti temukan, hanya ada lima Rental Komputer yang mengaku melakukan jual beli "makalah bekas" dengan Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan dari sekian banyak mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya, hanya ada sebagian lima mahasiswa yang mengaku pernah membeli "makalah bekas" dari pemilik rental komputer yakni dari fakultas Syari'ah, Dakwah, Adah, Tarbiyah dan Ushuluddin. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengertian jual bell "makalah bekas" di rental-rental komputer sekitar kampus IAIN Sunan ampel adalah transaksi di mana pemilik rental komputer menjual "file makalah" seorang mahasiswa yang tertinggal di komputemya kepada mahasiswa lain yang mempunyai tugas makalah yang sama, dengan harga sesuai kesepakatan sekitar dua puluh ribu sampai dengan lima puluh ribu, kemudian ''makalah bekas" dimaksud oleh mahasiswa tersebut diklaim sebagai buah karyanya (yang lebih dikenal dengan plagiat). Hukum jual beli ''makalah bekas" tersebut dalam pandangan Islam adalah haram, sama dengan haramnya hukum jual beli barang yang bukan miliknya, karena pemilik rental menjual makalah bekas tersebut tanpa sepengetahuan serta persetujuan mahasiswa yang membuat (pemilik asli) dan juga dipersamakan dengan haramnya jual beli barang untuk sesuatu yang diharamkan, oleh karena mahasiswa yang membeli makalah bekas tersebut dipergunakan untuk menjiplak (plagiat), sedangkan Islam melarang plagiat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Mamlu'atul--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual beli; Makalah Bekas; Rental Komputer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2019 06:57
Last Modified: 15 May 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31990

Actions (login required)

View Item View Item