Pengaruh Sub Sektor Tanaman Pangan dan Sub Sektor Perikanan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farenza, Bibi (2019) Pengaruh Sub Sektor Tanaman Pangan dan Sub Sektor Perikanan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur Tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bibi Farenza_G01215004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Sub Sektor Tanaman Pangan dan Sub Sektor Perikanan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur Periode Tahun 2013-2017” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah tentang apakah sub sektor tanaman pangan dan sub sektor perikanan berpengaruh secara simultan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur dan apakah sub sektor tanaman pangan dan sub sektor perikanan berpengaruh secara parsial terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari instansti terkait yang kemudian diolah menggunakan software Eviews8 dengan melalui uji-uji terkait kebutuhan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil uji F yang bertujuan untuk melihat pengaruh secara simultan adalah sub sektor tanaman pangan dan sub sektor perikanan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur. Dan dari hasil uji t yaitu yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh secara parsial adalah sub sektor tanaman pangan dan sub sektor perikanan berpengaruh secara parsial terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur. Dari hasil uji tersebut dapat disimpukan bahwa produksi tanaman pangan dan perikanan mampu menciptakan iklim baik untuk kontribusinya terhadap PDRB Jawa Timur. Setiap peningkatan produksi tanaman pangan dan produksi perikanan, maka akan disertai peningkatan pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur. Pertumbuhan ekonomi suatu wilayah dapat diciptakan dengan menggali dan mengembangkan sumberdaya yang ada. Sumber daya yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur salah satunya ada pada sektor pertanian. Dengan menerapakan kebijakan yang berguna untuk perkembangan pertanian Jawa Timur, yang dimulai dari pendampingan dalam pemilihan bibit hingga pada proses pemasaran hasil pertanian, maka nantinya diharapkan mampu meningkatkan sumbangnya terhadap PDRB Provinsi Jawa Timur. Mengingat sektor pertanian terutama pada sub sektor tanaman pangan dan sub sektor perikanan merupakan salah satu yang mempengaruhi pendapatan PDRB Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farenza, Bibibibifarenza97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Keywords: Sub Sektor Tanaman Pangan; Sub Sektor Perikanan; PDRB
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Farenza Bibi
Date Deposited: 27 May 2019 06:24
Last Modified: 27 May 2019 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32048

Actions (login required)

View Item View Item