Analisis Hukum Islam Terhadap Intervensi Nafkah Perkawinan di desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulkhah, Sufa'ati (2011) Analisis Hukum Islam Terhadap Intervensi Nafkah Perkawinan di desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sufa'ati Sulkhah_C01207017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Analisis Hukum Islam Terhadap Intervensi Nafkah Perkawinan di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik" ini adalah basil penelitian lapangan unt uk menjawab pertanyaan ; Apakah faktor-faktor yang menyebabkan intervensi nafkah perkawinan di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dan bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap intervensi nafkah perkawinan di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara menyeluruh, data penelitian ini dihimpun melalui observasi dan menggunakan teknik interview (wawancara) dengan pihak-pihak.(suami, istri, orang tua, mertua, tokoh masyarakat) yang terkait di lapangan yang kemudian dianalisis dengan analisis berfikir induktif yaitu mendalami fakta bcrupa data tentang intervcnsi nafkah perkawinan di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik yang sclanjutnya dianalisis dengan Hukum Islam menjadi suatu konsep. Data dari has ii penelitian ditemukan bahwa salah satu faktor terjadinya intervensi nafkah perkawinan adalah karena orang tua lebih menginginkan agar keluarganya dipandang oleh masyarakat, karena anaknya dikawinkan atau mengawini dengan orang terpandang di• masyarakat tanpa memperhatikan bagaimana anaknya atau menantunya harus memenuhi kewajiban nafkah dalam keluarganya nanti, Suami bermalas-malasan dalam mencari pekerjaan dia hanya menunggu ada panggilan pekerjaan di salah satu pabrik di Gresik (PT.Petrokimia), jika dilihat dari pendidikan yang dimiliki itu tidak mungkin karena, pendidikan terakhimya adalah Sekolah Menengah Pertama serta dia tidak ada usaha untuk mencari pekerjaan yang lain. Sedangkan menurut Hukum Islam suami yang tidak memberikan nafkah kepada keluarganya itu tidak dibenarkan karena, dalam hal seperti itu akan membuat suami bennalas-malasan untuk mencari pekerjaan sehingga suami tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya dalam keluarga. Saran penulis kaitannya dengan intervensi nafkah perkawinan di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik adalah hendaknya diperhatiakn betul persiapan sebelum menikah baik fisik maupun materiil apalagi yang belum mempunyai pekerjaan. Yang tent unnya harus dapat melaksanakan tanggung jawab suami istri sehingga tidak melalaikan kewajiban dan tanggung jawab masing­ masing, demi terciptannya rumah tangga yang bahagia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulkhah, Sufa'atiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Nafkah; persiapan materiil sebelum menikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2019 08:04
Last Modified: 10 Jun 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32089

Actions (login required)

View Item View Item