Analisis Ar-Rahn terhadap Gadai Pekerjaan di Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulton, Shohebus (2010) Analisis Ar-Rahn terhadap Gadai Pekerjaan di Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shohebus Sulton_C02206149.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Analisis Ar-Rahn Terhadap Gadai Pekerjaan di Jemur Wonosari Kee. Wonocolo Surabaya". Penelitian ini pcnulis lakukan karena berangkat dari permasalahan scbagai bcrikut. Pcrtama, Bagaimana kasus gadai pekerjaan di Jemur Wonosari Kee. Wonocolo Surabaya, kedua, Bagaimana analisis konsep ar-rahn terhadap gadai pckerj aan di Jemur Wonosari Kee. Wonocolo Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, data yang dikumpulkan penulis meliputi data basil observasi dan wawancara dengan pelaku yaitu rihin dan murtabin untuk memperoleh data tcntang praktek gadai pekerjaan. Teknik anallsis data yang penulis pergunakan adalah dcskriptif analisis kualitatif, yaitu memaparkan tentang gadai pekerjaan di Jemur Wonosari Kee. Wonocolo Surabaya kemudian menganalisisnya dengm salah satu konsep fiqh muamalah "ar-rahn •: Adapun pola pikir yang dikembangkan adalah induktif yaitu mengemukakan kenyataan dari basil penelitian yang bersifat khusus, kemudai ditarik kesimpulan yang bersifat umum yaitu penilaian hukum islam terhadap kasus tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan, Pcrtama, Pelaksanaan g_adai pekerjaan yang terjadi di Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya yaitu Rahin (pemberi gadai) meminjam uang sebesar lima juta rupiah dan satu juta rupiah kepada murtahin (penerima gadai) guna menunjang kebutuhan rahn, dan yang menjadi jaminan adalah pekerjaan rihin, adapun pekerjaan rihin sehari-harinya yaltu pemasok daging sapi kepada pelanggan-pelanggannya dan warung kopi. Sehingga rihin tidak bekerja lagi sebagai pemasok daging sapi maupun warung kopi, Pekerjaan itulah yang menjadi jaminan kepada murtahin untuk diambil manfaatnya. Kcdua, praktek gadai yang terjadi di Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya adalah rihin menggadaikan pekerjaan scbagai jaminan kepada murtahin. Hukum gadai pekerjaan sah secara hukum, karena pekerjaan tersebut yaitu pedagang daging sapi mempunyai nilai yang pasti atau laba pasti setiap harinya. Diharapkan kepada pihak yang melakukan gadai pekerjaan di Jemur Wonosari kee. Wonocolo Surabaya, lebih hati-hati dalam melakukan gadai pekerjaan dan memperhatikan pendapat para jumhur dan hadis nabi Muhammad SAW yang berkaitan dengan masalah gadai. Ulama dan pemerintah setempat hendaknya memberikan penyuluhan tentang eara-cara pelaksanaan gadai agar tereipta penggadaian yang sesuai dengan syara' dan tidak merugikan salah satu pihak baik penerima gadai ataupun pemberi gadai dan memt.angun lembaga pegadaian syariah agar mempennudah transaksi gadai di Jemur Wonosari Kee. Wonocolo Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulton, ShohebusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Gadai
Hukum Islam
Keywords: Gadai; Gadai Pekerjaan; Rahn
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:36
Last Modified: 11 Jun 2019 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32100

Actions (login required)

View Item View Item