Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Pasir Emas dengan Penentuan Harga Tetap Setiap Bulan di Home Industry "Laries" Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Lia Zahrotul (2011) Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Pasir Emas dengan Penentuan Harga Tetap Setiap Bulan di Home Industry "Laries" Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Zahrotul Ummah_C02207024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan mengenai "TiDjauaD Hukum Islam terhadap Jual beli Pasir Emas dengan penentuan Harga Tetap di Home Industry "Laris” Surabaya'. Penelltian ini bertujuan untuk memahami dan menjawab pertanyaan mengenai mekanisme penentuan harga dalam jual beli pasir emas pada home industry "Laries" Surabaya dan sekaligus menganalisis mekanisme penentuan harga dalam jual beli pasir emas berdasarkan dengan konsep akad bai'. Penelitian ini bertujuan menganalisis mekanisme penentuan harga dalam jual beli pasir emas di home industry "Laries". Dalam penelltian ini penulis menggunakan data primer, yaitu dokumentasi home industry pasir emas dan basil wawancara dengan pemilik usaha. Data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan konsep jual beli. Teknik pengumpulan data melalui interview dan observasi. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif verifikatif dengan pola pikir deduktif yaitu metode yang diawali dengan menjelaskan atau menggambarkan data basil penelitian tentang mekanisme penentuan harga. Selanjutnya data tersebut dianalisis dalam perspektif konsep jual beli yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa mekanisme penentuan harga jual beli pasir emas di Home industry"Laries" ini adalah boleh. Karena sesuai dengan syarat, rukun jual beli dalam konsep jual beli. Dan menurut ulama bahwa dalam penentuan harga yang dikeluarkan pemerintah ini diperbolehkan dengan alasan untuk menghindari kemadharatan. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis merasa penelitian ini masih terdapat kekurangan karena adanya keterbatasan waktu penelitian, kurangnya ilmu pengetahuan yang ada pada diri penulis dan untuk menambah informasi, maka perlu diadakan penelltian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang belum tenmgkap dalam skripsi ini. Diharapkan pada pemilik usaha home industry "Lareis" terutama yang melakukan kerja sama jual bell dengan home industry yang beragama Islam agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang cara-cara jual beli menurut hukum Islam, sehingga jual beli yang dilakukan menjadi lebih sempurna dan sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Lia ZahrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Pasir Emas; harga
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:54
Last Modified: 11 Jun 2019 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item