Historiografi Matematika: rujukan paling otoritatif tentang sejarah perkembangan Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusaeri, Kusaeri (2017) Historiografi Matematika: rujukan paling otoritatif tentang sejarah perkembangan Matematika. Matematika, Yogyakarta. ISBN 978-602-60178-8-8

[img] Text
Kusaeri_Historiografi Matematika.pdf

Download (25MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32120

Abstract

Menulis buku berkaitan dengan sejarah diyakini banyak orang bukanlah hal yang mudah. Sebab, memerlukan data serta referensi yang harus lengkap dan akurat serta pemahaman penulis terhadap sejarah yang ditulisnya. Tidak mudah pula menemukan referensi yang dibutuhkan, serta mencari narasumber sebagai partner diskusi ketika ingin memperdalam pemahaman. Buku ini mewakili pengalaman bertahun-tahun yang penulis lalui dalam mengajar dan melakukan riset sejarah matematika. Selama beberapa tahun juga, naskah buku ini telah menjadi pegangan dalam perkuliahan. Dan saya sangat berhutang pada berbagai saran dan kritik yang dilontarkan oleh mahasiswa saya. Pada buku ini, setiap awal bab sengaja saya tampilkan tokoh yang berjasa dalam mengembangkan matematika pada zamannya. Dengan maksud, agar dapat memberikan inspirasi bagi pembaca dari kisah para tokoh, sehingga mereka mampu menghargai dan meniru apa yang telah dilakukan para tokoh. Di akhir bab, saya tampilkan pula pegetahuan­pengetahuan penting yang mendasar dalam bentuk "Sebaiknya Anda Tahu..."

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Matematika
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2019 07:48
Last Modified: 12 Jun 2019 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32120

Actions (login required)

View Item View Item