Pengaruh pelaksanaan metode permainan simulasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist di MA Raudlatul Muta'allimin Babat-Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitroh, Himmatul (2010) Pengaruh pelaksanaan metode permainan simulasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist di MA Raudlatul Muta'allimin Babat-Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Fitroh_D31206014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini pembelajaran terus mengalami perkembangan dimana pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu upaya untuk membantu peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang dalam pendidikan. Dalam hal ini guru dengan sadar berusaha untuk mengatur linglcungan belajar agar anak didik tetap bersemangat dalam menerima pelajaran dengan seperangkat teori dan pengalaman yang guru punyai, yang mana untuk bagaimana memperstapkan program pengajaran dengan balk dan ststematis. Seorang guru yang memperhatikan situasi, kondisi toleransi, pandangan dan jangkauan peserta didik ialah mendorong atau menimbulkan variasi dalam mengajar. Yang mana salah satunya adalah dengan mengkombinasi atau memvariasi metode pengajaran sehingga dalam proses mengajar guru tidak terpaku dalam satu metode saja dan ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Ini dilakukan karena sesuai dengan survei yang dilakukan memerlukan ketajaman dan kecermatan dalam mengamati masalah yang diteliti. Disamping itu dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Set= itu, untuk mendukung uratan dan i keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penults sertakan tabel sebagai pelengkap data. Metode adalah alat dalam pengajaran, penggunaannya harus dilakukan semaksimal mungkin dalam proses belajar mengajar, dan hasil dan penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan metode permainan simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Raudlatul Muta'allimin Babat Lamongan. 2) Pengaruh metode permainan simulasi terhadap motivasi belajar siswa di MA Raudlatul Muta'allimin dangat membawa pengaruh yang positif bagi anak didilcnya dan dapat dikategorikan cukup balk dalam memenuhi tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa MA kelas X dengan jumlah populasi 25 orang. Karena jumlah responden 25 orang maka penelitian ini tidak menggunakan sampel. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasial. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik tes (angket, observasi, interviw, dokumentasi). Sedangkan untuk menganalisis data di gunakan tehnik korelasi product moment. Berdasarkan data yang didapat, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang signifikan antara Pelaksanaan Metode Permainan Simulasi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Path Mata pelajaran Al-Qur"an Hadits di MA Raudlatul Muta'allimin Babat Lamongan dengan hasil (rxy = 0,532) pada r -0,413. Dengan hasil ini maka peneliti menyimpulkan bahwa : secara signifikansi pelaksaan metode permainan simulasi ada hubungan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur'an Hadits di MA Raudlatul Muta'allimin Babat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitroh, HimmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Permainan Simulasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:47
Last Modified: 13 Jun 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32136

Actions (login required)

View Item View Item