Pandangan Tokoh Agama Islam terhadap Hukum Pemesanan Atribut Polisi di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto: studi analisis Bai' Al-Istina'

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyruh, Muhammad (2010) Pandangan Tokoh Agama Islam terhadap Hukum Pemesanan Atribut Polisi di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto: studi analisis Bai' Al-Istina'. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Masyruh_C02205055.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32157

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan (field research) tentang "Pandangan Tokoh Agama Islam Terhadap Hukum Pemesanan Atribut Polisi di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto (Studi Analisis Bay, Al­Istisna). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana pandangan tokoh agama Islam mengenai hukum pemesanan atribut polisi dan bagaimana analisis bai' al-istisna' terhadap pandangan tokoh agama Islam di Desa Sooko. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan interview (wawancara), setelah data terkumpul kemudian data diolah dengan teknik organizing dan editing. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif verifikatif dengan menggunakan pola pikir deduktif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus dan dianalisis menurut hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menurut pendapat para tokoh agama Islam di Desa Sooko terdapat perbedaan pendapat yakni ada yang membolehkan dengan alasan adanya faktor kebutuhan ekonomi yang mendesak dan mencapai kesepakatan diantara kedua belah pihak serta tidak adanya nash al-Qur' an yang melarang jual beli pesanan ini, dan ada yang tidak membolehkan karena salah satu rukunnya tidak terpenuhi sehingga hukumnya tidak sah dan besar kemungkinan terjadi penipuan. Bila ditinjau dari hukum Islam maka pandangan yang membolehkan memang telah sesuai dengan hukum Islam dan beliau memberi solusi yang tepat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan bagi pandangan yang tidak membolehkan dengan alasan memberi solusi yang tepat yang bisa membantu masyarakat untuk menutupi kebutuhan ekonominya hanya saja harus menghilangkan unsur gararpada jual beli pesanan ini. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada semua pihak terutama warga masyarakat Desa Sooko untuk menghilangklan unsur garar dalam jual beli pesanan tersebut. Bagi para pengrajin/penjual dan pemesan/pembeli diharapkan lebih memperdalam pengetahuan mengenai jual beli agar dalam bertransaksi tidak melenceng dari hukum Islam. Disamping itu diharapkan para ulama' untuk memberikan pengarahan baik melalui penyuluhan maupun pengajian agar warga masyarakat paham tentang carajual beli yang benar menurut Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyruh, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Atribut Polisi; Bai' Al-Istina'; Jual beli Atribut
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 00:59
Last Modified: 14 Jun 2019 01:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32157

Actions (login required)

View Item View Item