Kajian Hukum Islam terhadap Aplikasi Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kab. Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Ainul (2011) Kajian Hukum Islam terhadap Aplikasi Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kab. Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Yaqin_C02206021.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32165

Abstract

Skripsi ini berjudul " Kajian Hukum Islam terhadap Aplikasi Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kab. Pasuruan". Penelitian ini penulis lakukan karena berangkat dari pennasalahan sebagai herikut. Pertama, Bagaimana mekanisme pemhiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kab. Pasuruan, Kedua, Bagaimana Kajian Hukum Islam terhadap aplikasi pembiayaan murabahah di Koperasi Pondok Pesantren Kramat Kah. Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, data yang dikumpulkan penulis meliputi data hasil observasi dan wawancara dengan pelaku murabahah yaitu pihak Koperasi Pondok Kramat (KPK) Kab. Pasuruan dan nasabah untuk memperoleh praktik aplikasi pemhiayaan murabahah . Teknis penulisan data yang penulis pergunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan atau menjelaskan data yang terkait pembahasan fakta tentang pembiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kah. Pasuruan. Adapun teknik yang dikembangkan adalah metode Induktif yaitu metode yang digunakan untuk mengemukakan kenyataan dari hasil penelitian yang bersifat khusus, kemudian ditarik suatu kesimpulan yang hersifat umum yaitu aplikasi pembiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kah. Pasuruan.kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Verifikatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisisa pemhiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantren Kramat Kah. Pasuruan dengan kajian hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulakan, Aplikasi Murabahah pada Koperasi Simpan Pinjam Pondok Pesantem Kramat Kah. Pasuruan, dimana penyaluran pemhiayaan dilakukan oleh Koperasi Pondok Kramat dengan cara memherikan pembiayaan kepada nasahah dalam pemhelian barang dan menjual kemhali barang yang sudah diheli oleh nasabah kepada Koperasi Pondok Kramat (KPK) Kah. Pasuruan. Mengenai pemhayaran pembiayaan oleh nasabah, dapat dilakukan dengan cara mencicil (angsuran) yaitu selambat - lambatnya satu tahun sesuai dengan kesepakatan Koperasi Pondok Kramat (KPK) Kab. Pasuruan jika terjadi keterlamhatan pembayaran oleh nasahah tetap dianggap sebagai kekhilafan, dan koperasi memberikan tambahan waktu untuk melakuakan pelunasan. Diharapkan kepada para pihak yang melakukan pembiayaan murabahah di Koperasi Pondok Kramat (KPK) Kah. Pasuruan, lebih hati-hati dalam melaksanakan dan memperhatikan firman Allah SWT dan hadist nabi Muhammad SAW yang herkaitan dengan masalah murabahah.Ulama,tokoh masyarakat clan pemerintah setempat hendaknya memheriakan penyuluhan tentang cara-cara pelaksanaan murabahah agar tercipta pembiayaan sesuai dengan syara' dan tidak merugikan salah satu pihak baik nasabah ataupun Koperasi Podok Kramat (KPK) Kah. Pasuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, AinulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Murabahah
Koperasi
Keywords: Pembiayaan; Murabahah; Koperasi; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 02:34
Last Modified: 14 Jun 2019 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32165

Actions (login required)

View Item View Item