Jacques Derrida: Dekonstruksi, Difference, serta Kritiknya terhadap Logosentrisme dan Metafisika Kehadiran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Iva Yulianti Umdatul (2013) Jacques Derrida: Dekonstruksi, Difference, serta Kritiknya terhadap Logosentrisme dan Metafisika Kehadiran. In: Filsafat Sosiologi. Aditya Media, Yogyakarta, pp. 271-286. ISBN 978-602-7957-10-7

[img] Text
Iva Yulianti Umdatul Izzah_Jacques Derrida Dekonstruksi, Difference, serta Kritiknya.pdf

Download (7MB)

Abstract

Jacques Derrida (1930-2004) adalah seorang filsuf yang mengguncang ilmu pengetahuan dan filsafat. Melalui pendekatan dekonstruksinya Derrida menggoyang, menjungkirbalikkan, mencemaskan, dan mengobrak-abrik untuk memberi peluang membangun hal-hal baru dan menemukan makna baru. Dekonstruksi mcnurut Derrida membuka pikiran yang tertutup. Dekonstrulcsi menunda makna, kriteria, penilaian, dan keputusan. Derrida mengkritik konsep Plato mengenai metafisika kehadiran yang menjadi dasar logosentrisme yang lebih mengutamakan penuturan atau ucapan dibanding tulisan atau teks. Derrida berpendapat bahwa kcsadaran, subjektivitas dan bahasa menjadi setara dengan sejenis keberadaan yang identik dengan dirinya. Pemikiran Derrida bersifat sangat poststruk turalis karena membangun di atas penanda yang mengambang bebas. ia melampaui batas-batas sempit pertentangan binari dan mengukir istilah "ketidakmampuan mengambil keputusan".

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Sosiologi
Keywords: Jacques Derrida; tokoh filsafat; rasionalisme; empirisme
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel dalam Buku
Depositing User: Izzah Iva Yulianti Umdatul
Date Deposited: 14 Jun 2019 04:11
Last Modified: 14 Jun 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32169

Actions (login required)

View Item View Item