Analisis hukum Islam terhadap pengelolaan uang lingkungan di Dusun Sumberjo Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umamah, Iffah (2011) Analisis hukum Islam terhadap pengelolaan uang lingkungan di Dusun Sumberjo Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffah Umamah_C02207125.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32182

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana praktik pengelolaan uang lingkungan di Dusun Sumberjo Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, dan bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap pengelolaan uang lingkungan Di Dusun Sumberjo Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah dengan menggunakan teknik obserfasi dan wawancara kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan induktif tmtuk mendapatkan kesimpulan kemudian di analisis dengan menggunakan hukum Islam. Melalui pembahasan dan analisis yang dilakukan penulis, ahirnya dapat disimpulkan bahwa Praktek pengelolaan uang lingkungan adalah dengan cara membagikan uang kas yang terkumpul kepada masing-masing anggota untuk dipinjamkan, dengan syarat pengembalian setiap bulan para anggota harus membayar 10 % dari hutang pokok yang dipinjamkan. Menurut hukum Islam, pengelolaan uang lingkungan Dusun sumberjo Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan adalah sesuai dengan hukum Islam apabila di pinjamkan untuk orang yang benar-benar membutuhkan pinjaman tersebut, dan pinjaman tersebut di gtmakan untuk hal-hal positif. Sedangkan kalau di lihat berdasarkan pengembalianya, pengelolaan uang lingkungan di Dusun Sumberjo Sugihwaras Kec. Kalitengah Kab. Lamongan adalah bertentangan dengan hukum Islam karena dalam pengelolaan tersebut ditentukan kelebihan pembayaran. Hal ini adalah haram hukumnya karena termasuk riba. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka di harapkan kepada pengelolah uang lingkungan agar tidak menentukan besarnya kelebihan yang harus dibayar oleh para anggota yang meminjam dana lingkungan Dusun Sumberjo Sugihwaras Kalitengah Kab. Lamongan. Dan agar mengadakan musyawarah terlebih dahulu dalam membagi-bagikan pinjaman kepada seluruh anggota, supaya dapat diketahui apakah seluruh anggota mau menerima pinjaman trsebut atau hanya sebagian anggota saja. Sehingga dapat di ketahui mana anggota yang benar-benar membutuhkan pinjaman, dan mana anggota yang tidak membutuhkan pinjaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umamah, Iffah--UNSPECIFIED
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Pengelolaan uang; uang lingkungan; pinjaman
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 08:02
Last Modified: 14 Jun 2019 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32182

Actions (login required)

View Item View Item