Tinjauan hukum Islam terhadap adanya lndomaret di Tengah-tengah Usaha Toko Kecil di Dcsa Pandian Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majdi, Sholeh (2011) Tinjauan hukum Islam terhadap adanya lndomaret di Tengah-tengah Usaha Toko Kecil di Dcsa Pandian Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholeh Majdi_C02205120.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32183

Abstract

Skripsi dengan jud ul ini adalah hasil penclitian lapangan dengan rumusan masalah: Pertama, Bagaimana pendapat pemilik usaha toko kccil dan konsumen terhadap adanya swalayan Indomaret di Desa Pandian Kccamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan? Kcdua, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap usaha swalayan lndomaret di tengah-tengah usaha Toko kecil di Desa Pandian Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan? Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan diperoleh melalui observasi dan wawancara. Kemudian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan analitis dengan pola pikir deduktif. yaitu menganalisis data­data yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus yang berkaitan dengan adanya usaha swalayan Indomaret di tengah-tengah usaha Toko kecil di Desa Pandian Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa adanya usaha swalayan Indomaret di tengah-tengah usaha Toko kecil di Desa Pandian Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, yaitu pemilik usaha Toko kecil berpendat •bahwa adanya Indomaret menyebabkan pendapatan yang diperoleh Toko kecil menurun, sedangkan konsumen mengatakan bahwa memilih belanja di Inodmaret karena kenyamanan serta dapat memilih sendiri barang yang akan dibeli. Maka dalam tinjauan hukum Islam adanya lndomaret di tengah-tengah usaha Toko kecil di Desa Pandian, tidak bertentangan dengan konsep etika perdagangan dalam Islam. Sebab, dari penjelasan konsep etika perdagangan dalam Islam, yaitu: Amanah, ihsan, bekerjasama, tekun, menjauhi perkara yang haram, dan melindungi penjual dan pembeli. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka di harapkan adanya peran dari toko agama untuk memberi arahan kepada masyarakat Desa Pandian Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, khususnya yang melakukan persaingan usaha agar mengetahui baik buruknya dalam melakukan suatu transaksi, supaya tidak ada yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majdi, Sholeh--UNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Keywords: lndomaret; Usaha Toko Kecil; ekonomi masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 08:13
Last Modified: 14 Jun 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32183

Actions (login required)

View Item View Item