Optimalisasi kegiatan Muhadharah terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Udhiyah (2011) Optimalisasi kegiatan Muhadharah terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Udhiyah Sholihah_D01207173.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam pengembangan diri manusia Indonesia seutuhnya, menumbuhkan atau menanamkan pendidikan agama adalah keharusan pada setiap jiwa manusia Indonesia yang religius yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Namun, Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah yang sedang berlangsung saat ini belum semuanya memenuhi harapan kita sebagai umat Islam. Peserta didik yang mendapatkan nilai kognitifnya bagus belum bisa dikatakan telah berhasil jika nikai sikap dan keterampilannya kurang dan begitu pula sebaliknya. Pendidikan agama di lingkungan sekolah, tidak hanya mencakup proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas melalui kecerdasan otak, tetapi menyangkut proses internalisasi nilai-nilai agama melalui kognisi dan emosi, baik di dalam maupun di luar kelas. Adapun yang dimaksud dengan proses internalisasi nilai-nilai agama melalui kognitif, afektif, emosi dan psikomotorik dalam skripsi ini adalah pendidikan ekstra kurikuler yang berbentuk muhadharah. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai alat penunjang tercapainya tujuan pendidikan, yang dapat memperluas cakrawala pengetahuan siswa, menyalurkan bakat dan minat serta dalam upaya pembinaan manusia seutuhnya. Dengan demikian ada nilai lebih bagi siswa, karena di samping menerima materi yang diberikan sesuai dengan kurikulum juga menerima materi tambahan. Sedangkan yang dimaksud dengan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam adalah tingkat baik buruknya suatu upaya belajar siswa tentang ajaran Islam sebagaimana yang tersusun secara sistematis dalam ilmu-ilmu keislaman yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Dan dua konsep diatas peneliti bermaksud mencari pengaruh antara kegiatan Muhadharah dengan kualitas pembelajaran PM di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Lamongan. Dan pokok permasalahan tersebut masalah yang ingin digali adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Solokuro Lamongan? 2. Bagaimana kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Solokuro Lamongan? 3. Bagaimana pengaruh kegiatan muhadarah terhadap kualitas pembelajaran PM di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Solokuro Lamongan? Populasi yang diambil sebanyak 75 siswa, data dikumpulkan dengan metode kuesioner. Analisa data menggunakan regresi dan product moment. Berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan hitungan regresi, diketahui harga a = 14,259 dan harga b = 0,612. Dan persamaan regresi tersebut dapat digunakan untuk melakukan prediksi (ramalan). Misalnya bila kegiatan Muhadharah ditetapkan selama 12 kali dalam satu bulan, maka kualitas pembelajaran PAI adalah 14,259 + 0,612 (12) = 21,603. Jadi, diperkirakan nilai kualitas pembelajaran PM siswa yang melakukan kegiatan muhadharah dua belas kali dalam satu bulan adalah 21,603. Untuk membuktikan pengaruh antara variabel X dan Variabel Y menggunakan data statistik sederhana yaitu menggunakan rumus " r" product moment. Setelah nilai rxy diketahui yaitu 0,787, maka langkah selanjutnya adalah menguji hipotesa. Dan basil konsultasi untuk n = 75 diketahui bahwasannya r„y = 0,787 lebih besar dari path nilai tabel "r" product moment baik pada taraf signifikan 5% = 0,227 maupun 1% = 0,297. Jadi kesimpulannya yang dapat penulis tank adalah hipotesa kerja (Ha) dapat diterima clan hipotesa nihil (Ho) di tolak. Dan dan basil perhitungan "r" determinan diperoleh basil 61,93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan muhadharah mempunyai pengaruh sebesar 61,93% terhadap kualitas pembelajaran PM di MTs. Muhammadiyah 07 Takerharjo Solokuro Lamongan dan 38,07% adalah pengaruh dari faktor lairmya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, UdhiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Muhadharah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:08
Last Modified: 18 Jun 2019 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32199

Actions (login required)

View Item View Item