Penciptaan suasana religius dalam pengelolaan Madrasah di MAN 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hotimah, Husnul (2010) Penciptaan suasana religius dalam pengelolaan Madrasah di MAN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Hotimah_D01206193.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini diharapkan untuk mengetahui penciptaan suasana religius dalam pengelolaan MAN 1 Surabaya dan tingkat keefektifannya serta untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat penciptaan suasana religius dalam pengelolaan MAN 1 Surabaya. Untuk mendapatkan data penelitian ini, penulis menggunakan penelitian studi kasus dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya dalam pengolahan data digunakan metode diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penciptaan suasana religius dalam pengelolaan MAN 1 Surabaya, penelitian berlangsung dalam tiga aspek pengelolaan yang dapat mencerminkan suasana yang religius, yaitu aspek fisik MAN 1 Surabaya yang berupa penyediaan sarana ibadah dan atribut-atribut keislaman, aspek kegiatan- kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di MAN 1 Surabaya yang berupa kegiatan shalat berjama'ah, membaca Al-Qur'an pada pagi hari sebelum jam pertama, peringatan hari-hari besar Islam, pelaksanaan shalat dhuha pada istirahat pertama serta pelaksanaan pondok ramadhan sena aspek sikap dan perilaku masyarakat MAN 1 Surabaya yang berupa perkataan, penampilan serta sikap dan perilaku warga MAN 1 Surabaya yang ditunjukan melalui sapaan, cara berpakaian maupun bertingkah laku yang mencerminkan suasana religius, selain itu juga diketahui bahwa pengelolaan MAN I Surabaya dengan tiga aspek pengelolaan di atas terbukti efektif dalam penciptaan suasana religius di MAN I Surabaya kemudian juga diketahui adanya faktor yang menjadi penunjang dan penghambat pengelolaan MAN I Surabaya dalam penciptaan suasana religius, adapun yang menjadi faktor penunjangnya antara lain: 1) Profesionalisme guru MAN I Surabaya, 2) Sarana yang tersedia di MAN I Surabaya dan 3) Adanya Tata Tertib (TATEB) di MAN I Surabaya. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah: Kurang disiplinnya atau kurangnya pengawasan dani beberapa guru, karyawan terhadap siswa dan luirangnya kesadaran orang tua untuk mengeluarkan biaya bagi anak mereka untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di MAN I Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hotimah, HusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Suasana Religius; Suasana; Religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:43
Last Modified: 19 Jun 2019 05:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32215

Actions (login required)

View Item View Item