Peran Hidayah Centre Foundation dalam Perkembangan Dakwah Islamiyah di Malaysia tahun 2005 - 2017m

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajis, Haziman Mahathir Bin Abdul (2019) Peran Hidayah Centre Foundation dalam Perkembangan Dakwah Islamiyah di Malaysia tahun 2005 - 2017m. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haziman Mahathir Bin Abdul Hajis_A42213106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, "Peran Hidayah Centre Foundation Dalam Perkembangan Dakwah Islamiyah Di Malaysia Tahun 2005-2017M". Dalam skripsi ini perkara yang diangkat sebagai rumusan masalah: (1) Bagaimana profil Hidayah Centre Foundation (HCF)?, (2) Bagaimana langkah-langkah Hidayah Centre Foundation dalam usaha mengembangkan dakwah Islam dan menjadi pusat sokongan mualaf di Malaysia, (3) Apakah faktor hambatan dan dukungan sepanjang Hidayah Centre Foundation berkembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dan pendekatan sejarah/historis untuk menjalankan penelitian. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial, teori birokras dan teori peran. Peneliti menggunakan teori-teori tersebut untuk mengkaji kerana ianya mempunyai nilai relevansi untuk menghuraikan permasalahan dalam penelitian peneliti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa: (1) Di Malaysia mempunyai gerakkan dakwah Islamiyah secara mayoritas menfokuskan objektif dakwah mereka pada golongan yang beragama Islam dan terlalu kurang dalam menfokuskan dakwah kepada non-Muslim dan saudara baru (mualaf) pada ketika itu. Dengan ini, solusi yang ditemukan organisasi Jamaah Islah Malaysia (JIM) adalah dengan mendirikan sebuah organisasi yang berfokus mengajak nonMuslim kepada Islam (Dakwah Islamiyah) dan memperbaiki golongan yang sudah Muslim terutama saudara baru (Dakwah Islahiyah). (2) Peran Hidayah Centre dalam mengembangkan dakwah Islamiyah dan Islahiyah di Malaysia adalah dengan mengkader pendakwah, memberdayakan saudara baru dan mengadakan program dakwah non-Muslim. (3) Faktor utama yang mendukung organisasi ini ialah posisi agama Islam di Malaysia kerana dalam undang-undang negara Islam merupakan agama resmi di Malaysia dan faktor penghambat antaranya ialah keinginan saudara baru (mualaf) untuk kembali kepada agama asal mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajis, Haziman Mahathir Bin Abdulhazimanmahathir5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Keywords: Organisasi Islam; Dakwah Islamiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mahathir Bin Abdul Hajis Haziman
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:42
Last Modified: 24 Jun 2019 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32216

Actions (login required)

View Item View Item