Studi analisis Maslahah terhadap Fatwa MUI Sumenep tentang Pengharaman Profesi Pengemis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiz, Mochammad (2010) Studi analisis Maslahah terhadap Fatwa MUI Sumenep tentang Pengharaman Profesi Pengemis. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Faiz_C02205100.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32220

Abstract

Profesi pengemis merupakan salah satu diantara sekian banyak pelik yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Dampak negatif dari profesi pengemis itu sendiri sudah menyebabkan rusaknya tatanan moral dan mental seluruh masyarakat, mulai dari orang dewasa hingga anak kecil. Majelis Ulama' Indonesia (MUI) sebagai salah satu lembaga keagamaan islam dinegara Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang pengharaman profesi pengemis, yang berisikan tentang beberapa pertimbangan, dasar hukum, hukum dari profesi pengemis, serta rekomendasi kepada pihak-pihak yang terkait dengan profesi pengemis untuk ikut mencegih mafsadat yang ditimbulkan dari profesi pengemis. Skripsi dengan judul Studi Analisis Maslahah Terhadap Fatwa MUI Sumenep Tentang Pengbaraman Profesi Pengemis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fatwa MUI dirumuskan secara metodelogis dalam maslahah dengan melakukan pengujian terhadap adillatu al-ahkam yang dipakai MUI dalam fatwa tersebut, dan bagaimana korelasi fatwa MUI tersebut dengan maslahah dengan pendekatan muqashid al syariah. Dari pengujian fatwa MUI tersebut, dapat diambil pemahaman bahwa semua dalil hukum yang dipakai MUI dalam fatwa profesi pengemis tersebut bisa dijadikan sebagai dalil dalam menetapkan sebuah hukum dengan kekuatan hukum yang bersifat tetap dan mengikat. Selain itu fatwa tersebut juga sangat relevan dengan muqashid al-syariah yang didalamnya bertujuan untuk mendatangkan maslahat dan menghindarkan mafsadat dalam kehidupan manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiz, Mochammad--UNSPECIFIED
Subjects: Fatwa
Keywords: Maslahah; Fatwa MUI; Pengharaman Profesi; Pengemis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2019 08:57
Last Modified: 19 Jun 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32220

Actions (login required)

View Item View Item