Sistem Penetapan harga Jual beli Tiket Penumpang Pesawat terbang dalam Satu jam Penerbangan Menurut Perspektif Hukum Islam: studi kasus di CV. Lido Express Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Matari, Nue Aini Imam (2010) Sistem Penetapan harga Jual beli Tiket Penumpang Pesawat terbang dalam Satu jam Penerbangan Menurut Perspektif Hukum Islam: studi kasus di CV. Lido Express Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Imam Matari_C02205151.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32235

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan (field research) untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana sistem penetapan harga jual tiket pesawat terbang di CV. LIDO EXPRESS Waru Sidoarjo dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap penetapan harga jual tersebut. Untuk membahas masalah tersebut, menggunakan pengumpulan data melalui observasi dan interview, kemudian data yang terlrumpul dianalisis menggunakan metode verifikasi dengan pola pikir deduktif, yaitu metode yang diawali dengan menjelaskan tentang penetapan harga jual tiket pesawat terbang dalam satu jam penerbangan di CV LIDO EXPRESS, selanjutnya data tersebut dianalisis dalam perspektif Hukum Islam yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan . Hasil penelitian menyimpulkan bahwa CV. LIDO EXPRESS telah memperjual-belikan tiket di atas harga standard yang telah ada di pasar. Jika harga yang tertera pada tarif penerbangan Surabaya-Jakarta menunjukkan Rp. 562.000,­ maka akan dijual dengan harga Rp. 800.000,- di mana harga pasar yang berlaku biasanya hanya ditambah sekitar Rp. 30.000,- s/d Rp. 50.000,- sehingga ada asumsi bahwa CV. LIDO EXPRESS memanfaatkan ketidaktahuan seseorang tentang tiket untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penetapan harga yang terjadi di CV. LIDO EXPRESS Waru Sidoarjo, yang terlalu tinggi ini hanya untuk maskapai tertentu yang tidak secara jelas memaparkan keseluruhan tarifnya. Di mana di dalam memberikan penetapan harga yang cukup tinggi itu dilakukan untuk menutupi administrasi seperti adanya pajak, bagasi dan sebagainya. Selain hal tersebut penetapan harga yang sedemikian tinggi tersebut juga dipergunakan untu.k membayar calo yang telah membawa pax (penumpang) untuk membeli tiket di CV. LIDO EXPRESS, dimana didalam penetapan harga tersebut tidak ada unsur penipuan maupun mendz.alimi seseorang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka dalam mengeluarkan kebijakan penetapan harga CV. LIIDO EXPRESS hendaknya memperhatikan kepentingan pax (penumpang) dan tidak hanya kepentingan keuntungan penjualan saja. Bagi maskapai yang bersangkutan hendaknya dapat semakin transparan dalam menjelaskan tarif harga tersebut dengan sejelas-jelasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Matari, Nue Aini ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Tiket Pesawat terbang; CV. Lido Express
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:44
Last Modified: 24 Jun 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32235

Actions (login required)

View Item View Item