Analisis terhadap Keputusan Bahsul Masail Pondok pesantren Lirboyo kediri tentang Nafkah Istri yang Dipenjara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Salamun (2011) Analisis terhadap Keputusan Bahsul Masail Pondok pesantren Lirboyo kediri tentang Nafkah Istri yang Dipenjara. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salamun Mustofa_C01206108.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32254

Abstract

Skripsi ini adalah basil studi analisis tentang "Analisis Terhadap Keputusan Bahsul Masail Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Tentang Nafkah Istri Yang Dipenjara". Studi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (I) Bagaimana
keputusan bahsul masail Pondok Pesantren Lirboyo Kediri tentang nafkah istri yang dipenjara? (2) Bagaimana analisis terhadap keputusan bahsul masail Pondok Pesantren Lirboyo Kediri tentang nafkah istri yang dipenjara?. Adapun data ini diperoleh melalui penelitian literatur dan kajian teks (teks reading) dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deduktif yang berangkat dari kaidah-kaidah umum yang terdapat dalam al-Quran dan al-Hadis tentang nafkah istri, yang kemudian ditarik kesimpulan mengenai nafkah istri yang dipenjara. Dalam penelitian ini, forum bahsul masail Pondok Pesantren Lirboyo Kediri memutuskan tidak wajibnya suami untuk memberikan nafkah kepada istri yang dipenjara, dikarenakan faktor perbuatan itu akan berimbas pada kewajiban istri yang tidak bisa ditunaikan, sehingga kewajiban suami atas nafkah juga tidak wajib dikeluarkan. Dari situ, perlu pemahaman bahwa masalah nafkah tidak bisa dipandang dan disamakan dengan praktek jual beli yang bersifat transaksional, tetapi harus ada unsur muasyirah bil ma’ruf didalamnya. Hendaknya para pelaku bahsul masail lebih menggali lebih banyak referensi karena hal ini mempengaruhi dalam segi kualitas keputusan yang akan muncul nanti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, SalamunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Perkawinan
Keywords: Bahsul Masail; Nafkah Istri yang di penjara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:21
Last Modified: 24 Jun 2019 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32254

Actions (login required)

View Item View Item