Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Bawang Merah yang direndam Dahulu sebelum dipanen di desa Padusan Kec. Pacet Kab. Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, M. Affan (2011) Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Bawang Merah yang direndam Dahulu sebelum dipanen di desa Padusan Kec. Pacet Kab. Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Affaan Azizi_C02207129.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32257

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang diangkat dengan judul "Jual Beli Bawang Merah Yang Direndam Dahulu Sebelum Dipanen". Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu : I .Apa tujuan petani dan pengaruh perendaman bawang merah terhadap kualitas dan kuantitas bawang merah yang direndam dahulu sebelum dipanen di Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto? 2.Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli bawang merah yang direndam dulu sebelum sebelum dipanen di desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu dengan memaparkan dan menjelaskan data-data tentang jual beli bawang merah yang direndam dahulu sebelum dipanen di desa Padusan kec. Pacet kab. Mojokerto, melalui pola pikir induktif, yaitu memaparkan tentang jual beli bawang merah yang direndam dahulu sebelum dipanen di desa Padusan kec. Pacet kab. Mojokerto untuk dianalisis dengan teori jual beli hukum Islam dan etika bisnis Islam. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan dari masalah jual beli yang direndam dahulu sebelum dipanen di desa Padusan kec. Kah. Mojokerto adalah tujuan petani petani merendam bawang merahnya sebelum dipanen antara lain untuk memudahkan dalam pemanenan, mengurangi pengeluaran, dan membuat berat timbangan. Dan jual beli dalam Islam dibenarkan dan sah namun dalam etika bisnis Islam dilarang. Dari hasil penelitian diharapkan kepada petani bawang merah agar dalam transaksi jual beli atau berdagang sebaiknya jujur dan tidak menyembunyikan mutu barang yang akan diperdagangkan, sedangkan untuk bakul bawang, sebelum melakukan jual beli harus lebih tetili lagi dan berhati-hati terhadap barang yang akan dibelinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, M. AffanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual beli; Bawang Merah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 01:39
Last Modified: 25 Jun 2019 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item