فعالية تطبيق طريقة براين بست لرنيج بزيادة حفظ المفردات الطلاب بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 كندونج سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, M. Fathur (2012) فعالية تطبيق طريقة براين بست لرنيج بزيادة حفظ المفردات الطلاب بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 كندونج سورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fathur Rohman_D02208063.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32265

Abstract

Brain Based Learning merupakan metode praktis menghafal cepat abad 21, yaitu dengan memfungsikan kedua belahan otak dengan keseimbangan otak kanan dan otak kiri. Dalam penerapannya metode ini mempunyai beberapa teknik diantaranya: Visualisasi, imajinasi, sistem cerita, sistem pengganti, sistem lokasi, sistem angka, sistem kalimat, menyenyi dan gerakan. Adapun bentuk penelitian ini ialah penelitian eksperimen kuantitatif sampel. Sebab peneliti mengambil dua ruang kelas di mtsn 3 surabaya sebagai objek penelitian. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbentuk observasi," wawancara, dokumentasi dan angket, selanjutnya analisis datanya menggunakan analisis prosentasi dan analisis statistik. Adapun hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan metode brain based learning untuk menghafal mufrodat, dikelas 8E di MTsN 3 surabaya, dalam nilai rata- rata menunjukkan angka yang cukup baik. Terdapat peningkatan penguasaan mufrodat 3 kali lipat dari seblumnya. Sedangkan penerapan menghafal mufrodat dengan metode konvensional di 8D menunjukkan bahwa siswa yang menghafal dengan metode konvensional mengalami sedikit peningkatan rata rata dibandingkan, dari sebelumnya. Setelah dikorelasikan temyata ada pengaruh yang sangat baik antara penerapan metode brain based learning dengan kecepatan menghafal mufrodat bahasa arab di kelas 8E MTsN3 surabaya. Adapun hasil pembelajaran setelah anak didik menggunakan atau menerapkan metode brain based learning dalam menghafal mufrodat ialah anak akan cepat hafal, dan akan mengendap lama diingatan, serta apabila anak didik disuruh menyebutkan kembali mufrodat beserta artinya secara urut, acak, ataupun dari bawah keatas mereka akan cepat respon, dan tidak perlu waktu lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, M. Fathur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode pembelajaran; Brain Based Learning; Hafalan Mufrodat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:37
Last Modified: 25 Jun 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32265

Actions (login required)

View Item View Item