Penerapan strategi Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) untuk mengurangi miskonsepsi dalam pembelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana Akbar, Agus Kemal (2019) Penerapan strategi Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) untuk mengurangi miskonsepsi dalam pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Kemal Maulana Akbar_D94214071.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan strategi pembelajaran PDEODE untuk mengurangi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran matematika. Strategi pembelajaran PDEODE dianalisis berdasarakan empat indikator dalam penerapan pembelajaran, yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu berkurangnya miskonsepsi siswa. Sedangkan miskonsepsi siswa dianalisis menggunakan tes tulis CRI (Certainty of Response Indeks) yang berbentuk pilihan ganda dan ditambahkan indeks respon terhadap jawaban dari pertanyaan konsep yang diberikan. Tes CRI ini berguna mengungkap keberadaaan miskonsepsi siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan pilihan respon siswa yang diberikan dalam menjawab pertanyaan konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, lembar angket, serta tes tulis pretest dan posttest sesuai dengan instrument tes tulis CRI (Certainty of Response Indeks) dianalisis dengan cara dikuantitatifkan dan disimpulkan secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas MIPA 6 MAN Surabaya tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan penelitian ini adalah (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua memproleh rata-rata skor sebesar 3,6 sehingga dapat disimpulkan guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik (2) aktivitas siswa dalam pelakasanaan penerapan strategi PDEODE rata-rata persentase aktivitas aktif siswa sebesar 11,88% sehingga dapat disimpulkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran (3) Respon siswa yang diberikan terhadap penerapan strategi PDEODE adalah respon positif dengan perolehan rata-rata sebesar 91% dari seluruh siswa menjawab iya. (4) persentase miskonsepsi siswa setelah penerapan strategi PDEODE sebesar 6% sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi PDEODE dalam pembelajaran matematika miskonsepsi siswa berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana Akbar, Agus Kemalagguskemmal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Strategi Pembelajaran PDEODE; Miskonsepsi; Tes Tulis CRI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Akbar Agus Kemal Maulana
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:17
Last Modified: 28 Jun 2019 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32269

Actions (login required)

View Item View Item