Keterkaitan sektor industri pengolahan, perdagangan, dan angkutan terhadap sektor lainnya dan dampak pengganda terhadap perekonomian Jawa Timur tahun 2015-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Noerma (2019) Keterkaitan sektor industri pengolahan, perdagangan, dan angkutan terhadap sektor lainnya dan dampak pengganda terhadap perekonomian Jawa Timur tahun 2015-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noerma Yunita_G71214018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Keterkaitan Sektor Industri Pengolahan, Perdagangan, dan Angkutan Terhadap Sektor Lainnya dan Dampak Pengganda Terhadap Perekonomian Jawa Timur Tahun 2015-2017” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana keterkaitan sektor industri pengolahan, perdagangan, dan angkutan dengan sektor-sektor ekonomi lainnya di Provinsi Jawa Timur dan bagaimana dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh sektor industri pengolahan, perdagangan, dan angkutan berdasarkan efek multiplier di Provinsi Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan berupa data primer dan sekunder, data primer yang berupa wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu Kasi Data Sistem Informasi dan Perijinan Bidang Pengembangan Industri dan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Dinas Perhubungan Jawa Timur serta data sekunder dari BPS Jawa Timur berupa Tabel Input Output Jawa Timur 2015. Hasil penelitian diperoleh bahwa sektor industri pengolahan Jawa Timur memperoleh nilai keterkaitan total ke depan tertinggi, sedangkan sektor perdagangan dan angkutan hanya menempati posisi keempat dan ketiga. Selain itu, sektor yang memiliki nilai keterkaitan total ke belakang di atas rata-rata yaitu sektor listrik, gas, dan air bersih; industri pengolahan; konstruksi; jasa-jasa; dan angkutan, sedangkan sektor perdagangan hanya memperoleh nilai keterkaitan total ke belakang menempati posisi kedelapan. Sektor industri pengolahan memperoleh nilai pengganda output terbesar kedua. Sedangkan sektor angkutan dan perdagangan berada pada posisi kelima dan kedelapan. Dalam meningkatkan pengganda pendapatan sektor perdagangan, angkutan, dan industri pengolahan hanya mampu menempati posisi keempat, keenam, dan kedelapan. Pada peningkatan kesempatan kerja sektor perdagangan menempati posisi ketiga, sedangkan sektor industri pengolahan dan angkutan hanya mampu berada pada posisi keenam dan ketujuh. Sektor industri pengolahan, perdagangan, dan angkutan memiliki keterkaitan total ke depan dan ke belakang terhadap sektor lainnya di Jawa timur. Oleh karena itu pemerintah Jawa Timur perlu menjaga daya saing dan penyediaan berbagai bahan baku produksi sehingga ketiga sektor tersebut tetap menjadi sektor unggulan di Jawa Timur. Dalam hal meningkatkan output, pendapatan, dan penyerapan tenaga kerja, pemerintah Jawa Timur dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia yang kompeten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Noermanoerma.yunita89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Keywords: Sektor industri; pengolahan; perdagangan; angkutan; pengganda perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Yunita Noerma
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:16
Last Modified: 26 Jun 2019 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32277

Actions (login required)

View Item View Item