Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: Peranan dalam pergulatan politik Nahdlatul Wathan di Lombok pada tahun 1953-1977

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnah, Asmaul (2019) Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: Peranan dalam pergulatan politik Nahdlatul Wathan di Lombok pada tahun 1953-1977. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Husnah_A92215074.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, TUAN GURU KIAI HAJI MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID (Peranan dalam Pergulatan Politik Nahdlatul Wathan di Lombok pada tahun 1953-1977). Ketidakstabilan politik yang terjadi di Indonesia pada pasca kemerdekaan membawa banyak konflik yang terjadi dalam ranah nasional maupun daerah. Adanya konflik yang terjadi di panggung politik, Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mempunyai peran yang penting dalam mengendalikan kondisi politik yang berada dalam tubuh organisasi Nahdlatul Wathan di Lombok. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan situasi dan kondisi politik Nahdlatul Wathan dan peran Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam pergulatan politik Nahdlatul Wathan pada tahun 1953-1977. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan historis, pendekatan sosiologis, dan pendekatan politik. Metode penelitian yang dilakukan terbagi menjadi empat tahapan, yakni heuristic, kritik sejarah, interpretasi, dan historiografi. Data penelitian ini diperoleh dari proses mengkaji dan menganalisis data yang dapat dipercaya keautentikannya yang berupa sumber tertulis maupun hasil wawancara yang sudah dilakukan. Adapun analisis data yang diperoleh dapat menyimpulkan bahwa, Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid merupakan salah satu putra dari Tuan Guru Abdul Madjid di Lombok dan murid terbaik lulusan Madrasah Ash-Shaulatiyah di Makkah. Ia menjadi tokoh masyarakat dan seorang ulama yang mampu memurnikan ajaran Islam dengan mendirikan banyak madrasah bagi masyarakat Lombok. Keikutsertaan Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam panggung politik tidak lain untuk mencapai tujuan yang harus dicapai oleh organisasi Nahdlatul Wathan, salah satunya untuk mensejahterakan umat muslim di Indonesia, khususnya di pulau Lombok. Peran Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dalam pergulatan politik adalah sebagai konsolidator, edukator, mobilisator, dan mediator politik bagi pengikut Nahdlatul Wathan maupun masyarakat diluar Nahdlatul Wathan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnah, Asmaulasmaulhusnahwachid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Politik > Politik Islam
Kepemimpinan
Keywords: Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid; Nahdlatul Wathan; Lombok
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Husnah Asmaul
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:02
Last Modified: 26 Jun 2019 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32279

Actions (login required)

View Item View Item