Studi Analisis Bay Al-Murabahah terhadap Pembiayaan Griya BNI Syariah pada PT BNI Syariah Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rida, Nuri Diana (2010) Studi Analisis Bay Al-Murabahah terhadap Pembiayaan Griya BNI Syariah pada PT BNI Syariah Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuri Diana Rida_C02206109.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32296

Abstract

Skripsi ini berjudul "Studi Analisis Bay, Al- Murabahah Terhadap Pembiayaan Oriya BNI Syariah pada PT. BNI Syariah Cabang Surabaya". Penelitian ini merupakan basil penelitian pustaka dan lapangan yang dimaksudkan untuk mengetahui apakah pembiayaan Oriya BNI Syariah pada PT. BNI Syariah Cabang Surabaya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Bay' al- Murabahah. Dalam rangka untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapwi tehnik pengwnpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara (interview) dan menelaah swnber-swnber primer dan sekunder berupa kitab-kitab yang membahas tentang Murabahah dan hal-hal yang berhubungan dengan Murabahah. Penelit ian ini menemukan bahwa dalam melakukan pembiayaan Oriya Syariah, pihak nasabah terlebih dahulu memilih rumah yang akan dibeli dan harus mclunasi DP/Uang Muka sebanyak 20% pada developer, kemudian pihak developer memberi surat kcterangan pembayaran DP kepada pihak nasabah. Dalam hal ini, pihak developer harus punya kcrjasama dengan pihak bank. Lalu pihak nasabah mcnycrahkan surat kctcrangan dari developer, negosiasi, dan melakukan persyaratan pcmbiayaan dcngan pihak bank .. baru kemudian pihak nasabah bisa melakukan cicilan kcpada pihak bank. Berdasarkan proses pembiayaan Griya Syariah tcrscbut, pihak bank tidak menyatakan dengan jelas jumlah keuntungan/prosentase yang diambil dari pihak nasabah, dan telah ditemukan dari hasil perhitungan tabel angsuran pembiayaan BNI Griya Syariah terdapat keunt ungan yang jumlahnya semakin meningkat dikarenakan lamanya jangka waktu angsuran (dari tahun ke tahun berbeda) sehingga harga griya menjadi bertambah mahal. Menurut temuan diatas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi atau praktek pembiayaan griya Syariah di Bank BNI Syariah Cabang Surabaya belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip Bay' al- Murabahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rida, Nuri DianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Murabahah
Keywords: Bay al Murabahah; Pembiayaan; BNI Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:15
Last Modified: 27 Jun 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32296

Actions (login required)

View Item View Item