Tinjauan hukum pidana Islam dan hukum pidana positif terhadap Putusan Pengadilan Negeri Sanggau no. 111/pid.sus/2017/pn.sag tentang tindak pidana penggunaan Narkotika Golongan I (satu) terhadap orang lain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Dona Frian Ari (2019) Tinjauan hukum pidana Islam dan hukum pidana positif terhadap Putusan Pengadilan Negeri Sanggau no. 111/pid.sus/2017/pn.sag tentang tindak pidana penggunaan Narkotika Golongan I (satu) terhadap orang lain. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dona Frian Ari Yunita_C93215053.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian dalam bentuk skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Pidana Islam dan Hukum Pidana Positif terhadap Putusan Pengadilan Negeri Sanggau No. 111/Pid.Sus/2017/PN.Sag tentang Tindak Pidana Penggunaan Golongan 1 (satu) terhadap orang lain”, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan, bagaimana analisis putusan Pengadilan Negeri Sanggau No. 111/Pid.Sus/2017/PN.Sag tentang tindak pidana penggunaan Narkotika Golongan I (satu) terhadap orang lain dan bagaimana analisis hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Sanggau No. 111/Pid.Sus/2017/PN.Sag tentang tindak pidana penggunaan Narkotika Golongan I (satu) terhadap orang lain. Terdapat dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari putusan Pengadilan Negeri Sanggau nomor 111/Pid.Sus/2017/PN.Sag dan data sekunder yang diambil dan diperoleh dari buku, jurnal, dan beberapa karya tulis yang membahas tentang tindak pidana narkotika. Teknik analisis penelitian menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif, yaitu dengan memaparkan data yang lengkap dan sistematis dalam hal ini putusan Pengadilan Negeri Sanggau No: 111/Pid.Sus/2017/PN.Sag tentang tindak pidana penggunaan Narkotika Golongan I (satu) terhadap orang lain, yang kemudian dianalisis dengan hukum pidana Islam dan hukum pidana positif. Proses penelitian ini menyimpulkan bahwa, pada pertimbangan hukum hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Sanggau No. 111/Pid.Sus/PN.Sag, terdakwa diberi sanksi pidana penjara selama 8 (delapan) bulan dan denda sebesar Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah) subsidair 1 (satu) bulan dengan mempertimbangkan dakwaan alternatif ke tiga yaitu pasal 116 ayat 1 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Selain itu terdapat keadaan yang memberatkan dan meringankan terdakwa. Terdakwa menggunakan Narkotika tersebut untuk mengobati istrinya. Berdasarkan pertimbangan hukum hakim dan keadaan yang memberatkan serta meringankan terdakwa, hakim tidak menemukan hal-hal yang dapat menghapuskan pertanggungjawaban pidana baik sebagai alasan pembenar maupun alasan pemaaf. Tindak pidana penggunaan narkotika golongan 1 (satu) terhadap orang lain termasuk dalam jarimah ta’zi@r. Perbuatan terdakwa telah memenuhi unsur-unsur jarimah dan dapat dijatuhi hukuman karena diantara syarat penggunaan barang yang memabukkan sebagai obat, terdakwa tidak menggunakannya berdasarkan resep atau rekomendasi dari seorang dokter muslim yang terpercaya baik dari segi agama maupun pengalamannya sekaligus. Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan kepada para hakim dalam memutus suatu perkara agar lebih aktif dalam mempertimbangkan suatu perkara, serta diharapkan kepada menteri kesehatan dan lembaga ilmu pengetahuan untuk melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam ganja. Mengingat bahwa dasar pembentukan Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika adalah untuk menjamin ketersediaan narkotika guna kepentingan pelayanan kesehatan dan ilmu pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Dona Frian Aridonafrianay4298@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Narkotika
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Hukum pidana Islam; hukum pidana positif; tindak pidana; Narkotika
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Yunita Dona Frian Ari
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:25
Last Modified: 01 Jul 2019 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item