Tinjauan Hukum Islam terhadap Pajak Progresif Kendaraan bermotor Menurut Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah pasal 6(1.b) di Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gultom, Horas Bangga (2011) Tinjauan Hukum Islam terhadap Pajak Progresif Kendaraan bermotor Menurut Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah pasal 6(1.b) di Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Horas Bangga Gultom_C03304072.pdf

Download (779kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32336

Abstract

Penelitian tentang Tinjauan Hukum Islam terhadap Ketentuan Pajak Progresif Kendaraan Bermotor dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pasal 6 (1.b) di Provinsi Jawa Timur ini merupakan kajian kepustakaan untuk menjawab rumusan masalah 1) Bagaimana ketentuan pajak progresif kendaraan bermotor menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pasal 6(1.b) di Provinsi Jawa Timur. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap ketentuan pajak progresif kendaraan bermotor menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pasal 6(1.b) di Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi kepustakaan ini adalah dengan cara studi pustaka (bibliographic research), dari studi pustaka penggalian data yang dilakukan melalui pembacaan dan kajian teks (teks reading). Sejalan dengan kesimpulan: pertama, dalam peraturan daerah Provinsi Jawa Timur No. 9 Tahun 2010 tentang pajak daerah disebutkan batasan maksimal besaran tarif pajak progresif 3,5%. Kedua Ketentuan Pajak Progresif Kendaraan Bermotor di Provinsi Jawa Timur sudah sesuai dengan konsep keadilan. Diharapkan bagi para pembuat undang-undang, dalam merumuskan peraturan haruslah lebih memperhatikan kemaslahatan bagi orang banyak, dan tidak menimbulkan kerancuan agar tidak menimbulkan berbagai macam penafsiran (fitnah). hal semacam ini bisa membuka peluang bagi pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab untuk memanfaatkan ketidakjelasan peraturan seperti ini untuk berbuat curang demi memperoleh keuntungan yang banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gultom, Horas BanggaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Retribusi Daerah
Keywords: Pajak Kendaraan; Retribusi Daerah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:27
Last Modified: 28 Jun 2019 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item