Pengorganisasian masyarakat dalam upaya hidup sehat melalui pengenalan Toga kepada masyarakat di Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lili, Indah Sari (2019) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya hidup sehat melalui pengenalan Toga kepada masyarakat di Desa Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lili Nur Indah Sari_B92215077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisasian masyarakatmengenai upaya meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat Desa Puncu karena masih bergantungpada obat-obatan kimia untuk mengobati penyakit. Melalui pengenalan toga (tanaman obat keluarga) kepada masyarakat diharapkandapat mengganti ketergantungan masyarakat pada obat kimia, dan menggantinya dengan penyembuhan melalui toga. Dalam pendampingan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Participatory Action Research (PAR). Metode penelitian ini berfokus pada partisipasi masyarakat, riset dan aksi yang dilakukan. Penggunaan metode PAR ini dirancang untuk mendapatkan suatu perubahan dalam setiap prosesnya. Dalam penelitian ini langkah pertama yang dilakukan peneliti dengan melakukan kampanye penyadaran kepada masyarakat mengenai bahaya obat kimia dan pengenalan toga, langkah kedua menanam toga bersama masyarakat, dan langkah yang berikutnya dengan belajar mengolah toga bersama masyarakat. Hasil pengorganisasian masyarakat dapat dilihat melalui adanya perubahan dimasyarakat, diantaranya: 1) masyarakat memiliki pengetahuan tentang bahaya obat kimia dan upaya hidup sehat dengan pengenalan toga, 2) masyarakat sudah mulai menanam budidaya toga di rumah, dan 3) masyarakat sudah mulai belajar mengolah toga menjadi obat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lili, Indah Sarililisari96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Organisasi Masyarakat
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Toga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sari Lili Nur Indah
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:14
Last Modified: 03 Jul 2019 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32383

Actions (login required)

View Item View Item