استخدام كتاب دروس اللغة العربية لتدريس مهارة الكلام بمدرسة الأمين المتوسطة الإسلامية برندوان يومنب مادورا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Af'idatul (2012) استخدام كتاب دروس اللغة العربية لتدريس مهارة الكلام بمدرسة الأمين المتوسطة الإسلامية برندوان يومنب مادورا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Af'idatul Fikriyah_D02208025.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32417

Abstract

Dalam era globalisasi bahasa Arab sangat diperh.ikan karena bahasa Arab merupakan bahasa intemasional. Berdasarkan bahasa Arab, ada empat kemampuan bahasa Arab, yaitu berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Berbicara sangat penting karena berbicara di salah satu keterampilan bahasa adalah alat untuk berkomunikasi dengan orang lain di dunia dan kemampuan berbicara harus seimbang dengan beberapa komponen bahasa, seperti penguasaan, pengucapan, tata bahasa, dan kosa kata. Penelitian ini mengambil siswi kelas tujuh MTs TMI Putri Al-Amien pada tahun akademik 2011/2012 dalam mengajar berbicara bahasa Arab berdasarkan kitab Durusullughoh Al-'Arobiyyah sebagai brainstorming. Masalah penelitian difokuskan untuk mengetahui pengaruh kitab Durusullughoh Al-'Arobiyyah kepada kemampuan berbicara pada siswi. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap rencana keseluruhan siklus, tindakan, pemantauan, dan pengintaian. Instrumen yang digunakan adalah dengan mempraktekkan. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Kemudian untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Durusullughoh Al-'Arobiyyah sebagai brainstorming di proses belajar mengajar dapat mengembangkan kompetensi berbicara siswi, kitab Durusullughoh Al-'Arobiyyah mampu mengurangi kecemasan mereka tidak takut untuk berbicara. Percakapan yang sedang diterapkan dalam kitab Durusullughoh Al-'Arobiyyah dapat merangsang mereka. Hal ini juga memberi kesempatan untuk menggunakan bahasa dalam komunikasi sehingga mereka dapat berlatih berbahasa Arab, Percakapan dapat memfasilitasi siswi untuk berbicara, masalah telah dipecahkan dan keterampilan siswi berbicara berlangsung secara otomatis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kitab Durusullughoh Al-'Arobiyyah dapat mengembangkan kompetensi berbicara siswi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Af'idatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kitab Durusullughoh Al Arobiyyah; Pembelajaran; Maharoh Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:00
Last Modified: 03 Jul 2019 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32417

Actions (login required)

View Item View Item