Peningkatan ekonomi nelayan melalui pengelolaan Kerang Hijau di Dusun Sidorejo Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Asyiqotul (2019) Peningkatan ekonomi nelayan melalui pengelolaan Kerang Hijau di Dusun Sidorejo Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asyiqotul Ummah_B92215065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan ekonomi nelayan di Dusun Sidorejo. Pemberdayaan dilakukan melalui pemanfaatan aset kerang hijau yang telah dibudidaya oleh nelayan. Kerang hijau di Dusun Sidorejonini cukup melimpah. Semakin bertambah tahun maka semakin banyak pula masyarakat yang membudidaya kerang hijau. Tetapi sayangnya, masyarakat belum mengerti tentang pemanfaatan aset kerang hijau ini. Maka pendampingan dengan tujuan melakukan perubahan ini masyarakat diarahkan oleh fasilitator untuk melakukan perubahan dengan memanfaatkan aset yang ada yakni kerang hijau. Strategi yang dilakukan dalam melakukan perubaha yakni dengan mengolah kerang hijau tersebut menjadi keripik kerang hijau dan dipasarkan secara online. Dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan memanfaatkan aset yang ada. Serta potensi yang dimilikioleh masyarakat itu sendiri. Pemberdayaan dengan ABCD dilakukan dengan 5 tahap yakni: discovery, dream, design, define dan destiny. Menemukan aset setta potensi masyarakat kemudian melakukan FGD untuk merangkai mimpi dalam melakukan perubahan. Setelah merangkai mimpi, masyarakat merancang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dikerjakan dan pada akhirnya mereka menentukan sebuah aksi yang terbaik untuk bangkit dari ketidakberdayaan. Aksi dilakukan dengan melakukan percobaan 2 kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Setelah mendapatkan hasil yang terbaik, masyarakat melakukan pengolahan lanjutan untuk dipasarkan secara online. Semangat masyarakat dalam melakukan perubahan sangat terlihat ketika mereka menunjukkan sikap gotong royong yang tinggi. Pemasaran dilakukan melalui media sosial dengan tujuan agar keripik kerang hijau menjadi produk yang dikenal oleh masyarakat luas sehingga produksi akan terus dilakukan dengan lancar dan perekonolian masyarakat nelayanpun akan berkembang. Dengan adanya pengolahan, masyarakat jadi memiliki jiwa wirausaha dan dapat meningkatkan perekonomian mereka setelah dilakukannya aksi perubahan, penghasilan nelayan bertambah sedikit demi sedikit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Asyiqotulasyiqotul.ummah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Masyarakat Islam
Pemberdayaan
Keywords: Pengembangan ekonomi; Kerang hijau; Pengelolaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ummah Asyiqotul
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:46
Last Modified: 05 Jul 2019 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32449

Actions (login required)

View Item View Item