Efektifitas Strategi Metakognitif terhadap pengembangan kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI di Ml Darul Ulum Medaeng Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyrufi, M. Arief (2010) Efektifitas Strategi Metakognitif terhadap pengembangan kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI di Ml Darul Ulum Medaeng Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Arief Masyrufi_D11304085.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32491

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Efektifitas Strategi Metakognitif terhadap Pengembangan Kreatifitas Berfikir Siswa pada Mata Pelajaran PAI di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi metakognitif di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo, bagaimana pengembangan kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo dan Efektifitas Strategi Metakognitif terhadap Pengembangan Kreatifitas Berfikir Siswa pada Mata Pelajaran PAI di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, mean dan rumus uji-t (t-test) agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi metakognitif di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo dalam penerapannya menunjukkan dapat berjalan cukup baik, karena hasil perhitungan persentase menunjukkan antara 56%-75%. Dan pengembangan kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo setelah adanya penerapan strategi metakognitif mengalami pengembangan dalam kreatifitas berfikir siswa dengan baik. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan persentase pada per-item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 76%-100% dengan kriteria baik. Mengenai rata-rata hasil kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI pada semester I tahun ajaran 2009-2010 Sebelum penerapan strategi metakognitif menunjukkan mean yang cukup baik sebesar 7. Dan pada semester II tahun ajaran 2009-2010 setelah penerapan strategi metakognitif menunjukkan peningkatan mean yang baik sebesar 8. Sedangkan dalam efektifitas strategi metakognitif di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo mempunyai efektifitas (Usaha menunjukkan taraf suatu tujuan) yang positif terhadap pengembangan kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan dari hasil penghitungan uji-t yang diperoleh adalah 2,5 dan pada hasil tes signifikasi dalam tabel kritik t di dapat harga kritik 2,086 untuk taraf kepercayaan 95% dan 2,845 untuk taraf kepercayaan 99%. Dengan mengkonsultasikan pada harga kritik, ternyata t hasil penghitungan jauh lebih besar dari pada harga kritiknya, sehingga hipotesis nihil yang diajukan ditolak baik untuk taraf kepercayaan 95% maupun pada taraf kepercayaan 99%. Maka hipotesis kerjanya diterima, dan penulis dapat membuat kesimpulan dari penelitian yaitu ada perbedaan efektifitas antara penerapan strategi metakognitif terhadap pengembangan kreatifitas berfikir siswa pada mata pelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyrufi, M. Arief--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi belajar; Metakognitif; pengembangan kreatifitas; kreatifitas berfikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:53
Last Modified: 09 Jul 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32491

Actions (login required)

View Item View Item