Implementasi distribusi Beras Miskin dalam prinsip keadilan ekonomi Islam: studi kasus di Desa Kepu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Miki Tri (2019) Implementasi distribusi Beras Miskin dalam prinsip keadilan ekonomi Islam: studi kasus di Desa Kepu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miki Tri Astutik_G74215080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Distribusi Beras Miskin Dalam Prinsip Keadilan Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk)” ini merupakan penelitian kualitatif.Penelitian dilakukan dengan wawancara bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang implementasi distribusi beras miskin di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dan distribusi beras miskin dalam prinsip keadilan ekonomi Islam di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, informan dalam penelitian ini sejumlah25 orang penerima beras miskin di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, kader pendistribusi beras miskin di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, dan kepala Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pendistribusian beras miskin di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk sudah melaksanakan pendistribusian dengan caraadil. Dalam peraturan pedoman umum bantuan sosial beras sejahtera tahun 2018tidak dikenakan dalam biaya tebus beras miskin, namun di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk masyarakat penerima beras miskin pada setiap bulan masih dikenakan biaya tebusan seharga Rp 1.600/Kg.Pada tahun 2018 masyarakat miskin yang mengalami peningkatan ekonomi sebanyak 30%, hal itu dikarenakan masyarakat miskin memiliki usaha untuk hidup lebih maju dan berkembang dengan cara membuka usaha, menambah modal usaha, tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar, dll. Dalam menerapkan konsep prinsip ekonomi Islam di Desa Kepuh Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk bahwa pendistribusian beras miskin masih belum sesuai, karena dalam menerima beras miskin pada setiap bulan tidak sesuai dengan jumlah anggota dalam Kartu Keluarga (KK) namun per Kartu Keluarga (KK) dengan hal itu kurang terpenuhi hak masyarakat miskin dalam kebutuhan pangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Miki Trimikitriastutik96@gmailcomUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Keadilan Ekonomi Islam; Distribusi Beras Miskin
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Astutik Miki Tri
Date Deposited: 09 Jul 2019 06:25
Last Modified: 09 Jul 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32495

Actions (login required)

View Item View Item