Studi Kritis Pemikiran Abu Ubaid tentang Pola Distribusi Silang (Cros Distribution) Zakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Siti (2011) Studi Kritis Pemikiran Abu Ubaid tentang Pola Distribusi Silang (Cros Distribution) Zakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
C02207128 Siti Mahmudah.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32525

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang diangkat dengan judul “Studi Kritis Pemikiran Abu Ubaid tentang Pola Distribusi Silang (Cross Distribution) Zakat Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu : Bagaimana latar belakang pelaksanaan cross distribution zakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa?, Bagaimana pola cross distribution zakat yang diterapkan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa?, dan Bagaimana kritik terhadap pemikiran Abu Ubaid tentang pola cross distribution zakat yang diterapkan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode content analisis yaitu memaparkan dan menggambarkan tentang pemikiran Abu Ubaid tentang pola cross distribution harta zakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) dompet dhuafa’ kemudian di analisa dengan memakai beberapa landasan teori yang telah ada sehingga dapat menghasilkan hipotesa yang komprehensif. Pola pikir yang dipakai dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu metode yang berangkat dari premis-premis khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Pertama kali yang perlu dijelaskan dalam pembahasan ini adalah mekanisme proses cross distribution harta zakat di Lembaga Amil zakat (LAZ) Dompet Dhuafa disertai dengan latar belakang dan objek serta bentuk-bentuk pendistribusiannya. Dilanjutkan dengan peta pemikiran Abu Ubaid tentang distribusi silang harta zakat. Berangkat dari semua pembahasan tersebut kita dapat mengetahui pemahaman tentang kajian ini sehingga dapat memperkaya khazanah pengetahuan agama Islam dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Zakat
Keywords: Lembaga Amil Zakat: pendistribusian Zakat; Dompet Dhuafa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:18
Last Modified: 11 Jul 2019 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32525

Actions (login required)

View Item View Item