Integrasi pendidikan Seks dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam: penelitian pengembangan bagi Siswa SMA di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faidah, Mutimmatul (2010) Integrasi pendidikan Seks dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam: penelitian pengembangan bagi Siswa SMA di Surabaya. PhD thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutimmatul Faidah_F0150422.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32546

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fakta empiris meningkatnya angka kenakalan remaja terkait pergaulan bebas, aborsi, pomografi serta ketergantungan pada obat terlarang. Permasalahan krusial remaja ini membutuhkan kepedulian semua pihak untuk melakukan berbagai langkah preventif guna mencegah terjadinya lost generation, mengingat remaja adalah aset bangsa yang strategis bagi pembangunan. Signifikansi penelitian ini adalah menyiapkan bahan pendidikan tentang seksualitas sesuai visi dan misi Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merum.uskan integrasi pendidikan seks dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA dan menghasilkan perangkat pembelajaran pendidikan seks yang terintegrasi dalam kurikulwn Pendidikan Agama Islam yang berkualitas di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Plomp, dengan menempuh lhna fase, yaitu investigasi, disain, konstruksi, validasi, dan implementasi. Simpulan penelitian ini adalah: (1) pengintegrasian pendidikan seks ke dalaJn kurikulum Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan mengembangkan beberapa butir standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berpotensi pendidikan seks. Pengintegrasian tersebut mengikuti pola pembelajaran terpadu; (2) perangkat pembelajaran pendidikan seks yang dihasilkan terdiri dari: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar, lembar kerja siswa (LKS), media, dan alat evaluasi. Pengembangan silabus mencakup 7 butir standar kompetensi dan 21 butir kompetensi dasar. RPP, buku ajar, LKS, media, dan alat evaluasi yang dihasilkan fokus pada satu standar kompetensi yaitu "Menghindari Perilaku Tercela" pada tema "Dosa Besar''. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai rerata validitas RPP sebesar 4,76, nilai validitas buku ajar sebesar 4,78, nilai validitas LKS sebesar 4,71, nilai validitas media sebesar 4,79, dan nilai validitas evaluasi sebesar 4,71. Dari sisi kepraktisan, perangkat pembelajaran dinilai sangat praktis, sebagaimana dalam pelaksanaan uji coba di tiga sekolah. Selain itu, dari sisi keefektivan dinilai sangat efektif. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas. Pengembangan pendidikan seks dilandasi oleh dasar filosofis, teoretis, dan yuridis. Sehingga penelitian ini menghasilkan karakteristik pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Karakteristik pembelajaran pendidikan seks adalah: materi (preventif-kuratit), kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotorik), strategi (kritis-kreatif-retlektif) dan evaluasi (holistik). Karakteristik perangkat pembelajaran yaitu: silabus (integratif PS-PAI), RPP (pembelajaran kooperatif - Ghazalian), buku ajar (komunikatif-faktual), Lembar Kerja Siswa (problem solving), media (audio-visual-faktual), dan evaluasi {multi instrumen).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faidah, Mutimmatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Seks; Pendidikan Agama Islam; Siswa SMA
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2019 06:46
Last Modified: 12 Jul 2019 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32546

Actions (login required)

View Item View Item