Pengaruh penggunaan metode Targhib dan Tarhib dalam Al-Qur'an terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisaroh, Siti (2010) Pengaruh penggunaan metode Targhib dan Tarhib dalam Al-Qur'an terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maisaroh_D31206009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran keberadaan guru dan siswa merupakan dua factor yang sangat penting dimana keduanya saling berkaitan. Kegiatan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kegiatan mengajar guru, karena dalam proses pembelajarann guru mempunyai suatu peran yang penting dimana guru sebagai pendamping atau fasilitator. Salah satu masalah yang sering dihadapiu oleh guru adalah meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam diri siswa untuk dapat belajar secara aktif, mandiri dan sadar, dimana supaya siswa tidak mengandalkan dari guru saja. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa salah satunya guru menggunakan metode targhib dan tarhib yang ada dalam Al-Qur'an. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode Targhib dan Tarhib dalam Al-Qur'an pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto (3) Bagaimana pengaruh penggunaan metode Targhib dan Targhib dalam Al-Qur'an terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisa dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik pengtunpulan data berupa angket, interview, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisa diatas dan setelah dia.nalisa dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode Targhib dan Tarhib dalam Al-Qur'an adalah cukup. (2) kualitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII tergolong baik (3) Pengaruh metode Targhib dan Tarhib dalam Al-Qur'an pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto berdasarkan analisa diperoleh r hitung 0,48 dengan jumlah responden 40 sedangkan r table pada taraf signifikan 5% adalah 0,304 jadi r hitung lebih besar dan pada r table. Berarti hipotesis alternative (Ho) yang berbunyi adanya pengaruh metode Targhib dan Tarhib dalam Al-Qur'an terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatun Najah Kutorejo Mojokerto di terimah. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kemudian pengaruh penggunaan metode Targhib dan Tarhib terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII adalah cukup signifikan, hal ini berdasarkan table interprestasi nilai r, dimana r hitung 0,48 berada diantara 0,40 sampai dengan 0,70 yang berarti korelasinya cukup signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisaroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Targhib dan Tarhib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:38
Last Modified: 12 Jul 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32549

Actions (login required)

View Item View Item