Pendidikan Islam menurut perspektif Hizbut Tahrir: studi kasus pada DPD HTI Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Ahsan (2010) Pendidikan Islam menurut perspektif Hizbut Tahrir: studi kasus pada DPD HTI Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahsan Hakim_D31206024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Beberapa tahun yang lalu hingga saat ini, Bangsa Indonesia ditimpa oleh krisis multidimensi. Pendidikan yang diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan segala permasalahan di Indonesia, temyata terjebak dalam persoalan yang sama. Berbagai persoalan yang menimpa pendidikan di Indonesia antara lain adalah kurikulum yang berganti-ganti, sarana prasarana yang tidak memadai, biaya pendidikan yang minim, tenaga pengajar yang tidak professional dan akhimya sampai pada out put yang tidak bermutu. Padahal negeri ini terkenal dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan memiliki sumber daya alam yang sangat kaya raya, yang seharusnya menjadi pusat sekaligus contoh terhadap negara-negara yang lain dalam membangun sebuah peradaban manusia. Sungguh suatu ironi yang harus diakui oleh Bangsa Indonesia dan negeri-negeri Muslim lainnya dengan luasnya konsep Al-Qur'an tentang pendidikan yang justru dengan peletakan identitas tertinggal, terbelakang, dan miskin identitas. Apalagi umat Islam pernah menorehkan sejarah keemasan di masa lalu dan memberikan kontribusi besar dalam membangun sebuah peradaban. Berangkat dari itu, maka penulis yang bernama Ahsan Hakim sangat risau dan tertarik untuk meneliti di mana sebenamya letak kesalahan itu, sehingga umat Islam di Indonesia dan negeri-negeri Islam lainnya tidak bisa bangkit dari keterpurukan yang melanda. Bahkan ada keeenderungan semakin terpuruk, padahal berbagai konsep pendidikan, baik dari tokoh-tokoh Muslim maupun dari non-muslim sudah dipelajari di sekolah dan di kampus. Akhirnya penulis pun memilih meneliti konsep pendidikan dari Hizbut Tahrir dan memberinya judul "PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF HIZBUT TAHRIR (STUDI KASUS PADA DPD HTI SURABAYA)". Karena penulis tahu bahwa Hizbut Tahrir memiliki berbagai konsep terkait dengan Islam termasuk konsep pendidikan Islam. Di samping itu, konsep ini jarang atau bahkan tidak dipelajari dan diterapkan di sekolah/kampus. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menggambarkan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran Hizbut Tahrir tentang pendidikan Islam. Data-data yang diperoleh tidak dituangkan dalam bentuk angka statistik, melainkan dengan bentuk teori yang memiliki arti yang lebih kaya dari sekedar angka atau frekuensi. Dari penelitian yang dilakukan, menurut Hizbut Tahrir, akar permasalahan pendidikan Islam selama ini adalah system pendidikan sekuler-materialistik. Maka sebagai solusinya adalah merubah system pendidikan sekuler menjadi system pendidikan Islam, mulai asas pendidikan, penyususnan kurikulum, tujuan pendidikan, metode pengajaran, sampai pada dasar penilaian atau evaluasi. Karena pendidikan tersebut hanya bisa dilaksanakan oleh negara, maka dalam implementasinya Hizbut Tahrir sebagai portal politik lebih pada bentuk halqah-halqah. Dalam pelaksanaannya, Hizbut Tahrir tidak luput dari permasalahan yang dihadapi. Namun di balik itu, pendidikan yang dilakukannya justru memiliki banyak kelebihan dibanding dengan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah atau organisasi-organisasi lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, AhsanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam > Organisasi
Organisasi Masyarakat
Pendidikan Islam
Keywords: Hizbut Tahrir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:09
Last Modified: 12 Jul 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32555

Actions (login required)

View Item View Item