Pembaruan sistem pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiah, Riska (2010) Pembaruan sistem pendidikan Pesantren di Pondok Pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska Maulidiah_D31206032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di zaman sekarang ini pendidikan pesantren telah mengalami banyak perkembangan. Pesantren tidak hanya mendidik santri untuk menjadi ahli agama saja namun membekali santri dengan berbagai ketrampilan agar santri mampu mengikuti perkembangan zaman. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan kurikulum pesantren yang mana telah mengikuti kurikulum yang ditetapkan oleh Departeinen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Selain itu, metode yang digunakanpun bervariasi. Santri tidak hanya menerima pelajaran akan tetapi juga ikut serta dalam kegiatan pembelajaran sehingga santri lebih aktif. Penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arabpun diterapkan sebagai sarana komunikasi sehingga santri mampu berbahasa Asing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembaruan sistem pendidikan pesantren di pondok pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo, Bentuk-bentuk pembaruan sistem pendidikan pesantren di pondok pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo, Perspektif sistem pendidikan pesantren di pondok pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo pada masa yang akan datang. Untuk melaksanakan suatu perubahan, pesantren tidak meninggalkan nilai-nilai terdahulu yang dianggap masih bermanfaat serta menambahkan sesuatu yang baru yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai terdahulu. Pesantren tetap istiqomah dan konsisten akan misinya untuk melahirkan generasi islam yang tangguh dan berwawasan luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiah, RiskaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pesantren
Keywords: Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:23
Last Modified: 12 Jul 2019 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32559

Actions (login required)

View Item View Item